Find Us On Social Media :

10 Tren Teknologi Konsumer Tahun Depan

By Adam Rizal, Jumat, 21 Desember 2018 | 06:00 WIB

Ilustrasi Ericsson 5G

Ericsson Indonesia melaporkan 10 Hot Consumer Trends 2019 yang akan "booming" pada tahun depan.

Riset itu melibatkan 5.000 responden di berbagai negara antara lain Jepang, Rusia, dan Inggris Raya tanpa mengikut sertakan Indonesia dalam penelitian tersebut.

"Misalnya ponsel pintar yang secara otomatis akan berpindah ke mode silent (diam) ketika penggunanya sedang sibuk," kata Manajer Pemasaran Pelanggan Ericsson Indonesia Thomas Vidorrekto.

Berikut 10 tren konsumer yang akan terjadi tahun depan.

1. Awearable

Pengguna Internet dan gawai tentu sudah tidak asing lagi dengan asisten virtual yang dapat melakukan sejumlah perintah melalui suara. Berdasarkan riset mereka, lebih dari 60 persen pengguna asisten virtual yakin perangkat bisa memahami suasana hati mereka dan akan menjadi umum pada tiga tahun ke depan.

Selain itu, 56 persen pengguna asisten virtual ingin pengeras suara pintar mereka bisa menyesuaikan volume suara mereka sendiri bergantung pada suasana hati penggunanya. Bahkan mereka lebih mempercayai asisten virtual untuk menyimpan rahasia mereka (sekitar 40 persen) dibandingkan manusia (sekitar 20 persen).

2. Smart quarrels

Pengeras suara pintar yang dilengkapi kecerdasan buatan dapat diperintahkan untuk mengaktifkan berbagai hal, mulai dari menyalakan lampu hingga mencari informasi cuaca. 31 persen responden memercayai asisten virtual mereka di masa depan bisa berdebat dengan mereka layaknya anggota keluarga.

Sebanyak 66 persen menilai dalam tiga tahun ke depan, berbagai perangkat yang memiliki asisten virtual bisa saja terlibat perdebatan layaknya manusia memberikan pendapat.

3. Spying apps

Lebih dari 45 persen konsumen mempercayai aplikasi yang mereka pakai tetap mengumpulkan data meski pun sedang tidak digunakan. 59 persen konsumen berpendapat mereka membutuhkan undang-undang mengenai perlindungan data.