Find Us On Social Media :

Synology DS218J: NAS dengan Kinerja dan Fitur yang Oke untuk di Rumah

By , Sabtu, 26 Januari 2019 | 18:13 WIB

Di zaman sekarang di mana ukuran berbagai jenis file terus meningkat dan jumlahnya terus membengkak, perangkat NAS (network attached storage) rasanya juga mulai menjadi kebutuhan yang cukup penting di rumah. Hadirnya NAS di rumah bisa memudahkan Anda untuk berbagi file dengan anggota keluarga lain serta memudahkan Anda menyimpan berbagai memori keluarga Anda di dalam satu tempat.

Untuk kebutuhan penyimpanan berkapasitas besar untuk keluarga, Synology memiliki NAS DS218J. NAS ini memiliki desain yang sederhana dengan kapasitas sebanyak dua unit hard disk. Tampilannya sendiri cukup elegan dengan warna putih dengan bahan plastik.

Ruang hard disk pada DS218J ini tersimpan di dalam bodinya sehingga Anda perlu membuka dan membelah perangkat tersebut menjadi dua bagian untuk mengakses bagian dalamnya. Pemasangan hard disk sendiri cukup mudah meskipun belum toolless dan membutuhkan baut tambahan yang telah disertakan dalam paket. Andai saja sudah toolless tentu akan lebih memudahkan.

Memiliki kapasitas dua unit hard disk, Synology DS218J ini mendukung berbagai konfigurasi RAID mulai dari JBOD, RAID 0, dan juga RAID 1. Kapasitas hard disk-nya yang didukung sendiri sampai 12 TB per unit sehingga Anda bisa mendapatkan kapasitas total maksimal sampai 24 TB.

Namun meskipun begitu, Synology DS218J hanya mendukung kapasitas maksimal sebesar enam belas terabyte untuk setiap volumenya. Sepertinya keterbatasan tersebut dikarenakan perangkat ini menggunakan SoC ARM Marvell Armada dual core berkecepatan 1,3 GHz dan memori utama DDR3 512 MB. Kombinasi bersangkutan kalah bertenaga jika dibandingkan dengan solusi NAS lain berbasis Intel dari Synology. Namun kinerjanya sendiri masih sangat memadai untuk kebutuhan skala kecil sampai menengah dengan jumlah pengguna yang tidak terlalu banyak.

Untuk penggunaan rumahan, Synology DS218J menyediakan berbagai fitur menarik yang memberikan banyak fungsionalitas tambahan. Beberapa di antaranya adalah Download Station untuk mengunduh berbagai macam file dan torrent tanpa membutuhkan PC menyala. Kemudian ada juga Photo Station yang bisa mengumpulkan seluruh foto yang tersimpan di dalam NAS ini dan membuat folder-folder sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemudian didukung lagi dengan fitur Moments yang dapat mendeteksi foto-foto yang tersimpan dan mengkategorikannya secara otomatis. Bisa berdasarkan tanggal, lokasi, maupun objek dengan memanfaatkan fungsi artificial intelligence.

Selama proses insialisasi, Synology DS218J memiliki kinerja yang cukup cepat. Saat digunakan pun, NAS ini bekerja dengan stabil dan hening walaupun sesekali muncul suara getaran dari hard disk saat sedang penggunaan intensif. Dalam berbagai kondisi, NAS ini juga mampu tetap beroperasi dengan dingin.

Bicara kinerjanya, Synology DS218J mampu menghadirkan kinerja transfer data yang baik untuk kebutuhan skala kecil sampai menengah. Selain itu, responsivitas sistem operasinya secara keseluruhan juga masih memadai. Untuk mengetahui kinerja selengkapnya, Anda bisa melihat hasil pengujian kami pada tabel.

Synology DS218J memiliki kapasitas dua unit hard disk dengan total sampai 24 TB.

NAS ini menggunakan bahan plastik dengan dimensi yang cukup kompak untuk diletakkan di atas meja.

Hasil uji

NAS Performance Toolkit