Find Us On Social Media :

Pentingnya Investasi Sumber Daya Manusia di Era Transformasi Digital

By Rafki Fachrizal, Selasa, 5 Februari 2019 | 19:34 WIB

Pentingnya Investasi Sumber Daya Manusia di Era Transformasi Digital

Era transformasi digital mengubah kondisi bisnis dan mengharuskan perusahaan/organisasi untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar tetap relevan.

Dalam menghadapi era transformasi digital, SDM (Sumber Daya Manusia) yang melek teknologi merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk menghadapi era tersebut.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh IMD (International Institute for Management Development), Indonesia berada di peringkat 62 untuk daya saing digital di skala internasional. Salah satu kendala Indonesia terletak pada SDM yang masih harus dikembangkan talentanya.

Studi Transformasi Digital Microsoft di tahun 2018, Unlocking the Economic Impact of Digital Transformation in Asia Pacific, juga menyebutkan penghambat transformasi digital adalah kurangnya talenta digital SDM.

Data-data tersebut menegaskan bagaimana perkembangan ekonomi digital yang terjadi di Indonesia perlu diimbangi oleh ketersediaan SDM yang mumpuni.

Baca Juga : Baru Satu Bulan, Investasi ke Startup Indonesia Tembus Rp.16 Triliun

Haris Izmee selaku Presiden Direktur Microsoft Indonesia, mengatakan, “Kami percaya berinvestasi pada manusia sama pentingnya dengan berinvestasi pada teknologi. Adopsi teknologi dapat kita maksimalkan apabila perusahaan memiliki tenaga kerja yang paham cara kerja era digital.”

“Untuk itu, selama 23 tahun perjalanan kami di Indonesia, kami berkomitmen untuk mempersiapkan SDM TI di Indonesia agar semakin unggul melalui serangkaian program yang kami lakukan, baik atas inisiatif sendiri maupun melalui kerja sama dengan pihak lain seperti pemerintah,” tambah Haris.

Seperti diketahui, perkembangan teknologi memang sudah berhasil menghadirkan banyak solusi baru bagi berbagai kebutuhan baik individu maupun bisnis perusahaan.

Mulai dari penggunaan big data, kecerdasan buatan (artificial intelligence), ataupun cloud computing. Namun diluar itu, perkembangan terhadap SDM juga perlu diperhatikan.

Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Republika Indonesia, mengatakan bahwa dalam mengejar dan memenuhi ketersediaan talenta dalam bidang teknologi di Indonesia, segala pemangku kepentingan di Indonesia perlu bersinergi dalam berinvestasi untuk pengembangan SDM dalam bidang teknologi.

“Kita perlu meningkatkan kualitas dari para SDM dalam menghadapi era ini terutama dalam bidang STEM (Science, Technology, Engineering, dan Mathematics). Kedepannya, kami ingin melihat pertumbuhan talenta-talenta teknologi ini juga mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat seperti teknologi untuk kesehatan,” ujar Rudiantara.