Find Us On Social Media :

15 Prediksi Bill Gates Tentang Teknologi yang Kini Menjadi Kenyataan

By Rafki Fachrizal, Rabu, 6 Februari 2019 | 11:33 WIB

15 Prediksi Bill Gates Tentang Teknologi yang Kini Menjadi Kenyataan

Pada tahun 1999, Bill Gates menulis buku yang berjudul Business @ The Speed of Thought. Dalam buku tersebut, Gates membuat 15 prediksi tentang perkembangan teknologi internet yang akan terjadi di masa depan.

Menariknya, prediksi-prediksi yang dibuat Gates pada 20 tahun lalu itu kini benar terbukti menjadi kenyataan dan sebagian besar teknologi tersebut mungkin tidak lepas dari keseharian Anda. Layaknya seorang peramal, ini menunjukkan bahwa saat itu Gates memang tahu betul seperti apa teknologi yang akan hadir di masa depan.

1. Situs Perbandingan Harga

Di dalam buku itu, Gates mengatakan bahwa “Layanan perbandingan harga secara otomatis akan dikembangkan, memungkinkan orang-orang untuk melihat harga di berbagai situs, menjadikannya mudah untuk menemukan produk dari berbagai industri.”

Ini terbukti telah menjadi kenyataan. Saat ini, kita bisa mengetahui harga suatu poduk dengan cepat dengan mengunjungi situs seperti Amazon atau marketplace/e-commerce yang saat ini sudah banyak sekali jumlahnya. Tidak hanya produk, perbandingan harga seperti penginapan hotel juga kini bisa diketahui secara mudah dengan mengunjungi situs seperti Agoda atau Trivago.

Baca Juga : Menanti Hadirnya Mekanisme Perlindungan Hukum Korban Pinjaman Online

2. Perangkat Seluler

Gates mengungkapkan bahwa suatu hari manusia akan membawa perangkat kecil ke manapun mereka akan bepergian. Perangkat itu berfungsi menghubungkan sesama manusia, mengakses berita, melihat informasi penerbangan, mendapat informasi dari pasar keuangan, dan melakukan hal lainnya.

Tepat seperti perkiraan Gates pada 20 tahun lalu tersebut, kini hampir semua masyarakat modern di seluruh dunia sangat bergantung dengan yang namanya perangkat pintar. Baik itu smartphone, tablet, atau smartwatch yang kahadirannya semakin popular saat ini.

3. Pembayaran Instan dan Pembiayaan Online, Hingga Layanan Kesehatan Lewat Internet

“Orang akan membayar tagihan mereka, mengurus keuangan mereka, dan berkomunikasi dengan dokter mereka melalui internet.” Begitulah ungkapan Gates dalam bukunya.

Kita lihat sekarang, untuk sekedar melakukan transaksi keuangan seperti mentranfer uang atau mutasi rekening kini tidak perlu repot mengantre di bank atau ATM berkat adanya m-banking dan internet banking. Bahkan, kita juga bisa melakukan pembayaran berbagai tagihan lewat platform tersebut. Tidak hanya itu, transaksi keuangan juga semakin maju dengan hadirnya e-wallet, e-money, dan platform pinjaman online.

Kemudian, mengenai layanan kesehatan berbasis online, saat ini memang banyak platform yang menyediakan jasa konsultasi kesehatan dengan menghubungkan pengguna langsung ke dokter ahli seperti platform Halodoc, Alodokter, dan Konsula.