Find Us On Social Media :

Kisah Sukses Bos Techbros UG, Pelopor Startup IoT di Eropa dan Jerman

By Adam Rizal, Kamis, 7 Februari 2019 | 07:00 WIB

Yudhi Rahadian, Kisah Sukses Bos Techbros UG Bangun Startup IoT di Indonesia

Berkecimpung dan berbisnis di luar negeri bukanlah hal yang tidak mungkin. Begitu juga dengan yang dilakukan oleh Yudhi Rahadian. Pria kelahiran Jakarta 24 Januari 1984 telah memulai karier di bidang Teknologi dan Informasi.

Bahkan sejak kecil, anak bungsu dari 2 bersaudara ini sudah bermimpi untuk bekerja dengan segala perangkat komputer. Namun, langkah besarnya dimulai saat Yudhi mengambil tawaran pekerjaan berkat kawannya sebagai engineer di salah satu perusahaan telko internasional.

Langkah itu dilakukannya pada tahun 2007 dan Bangladesh menjadi negara pertama yang dia singgahi. Bagi Yudhi, kesempatan besar itu memunculkan perasaan yang campur aduk.

"Rasanya seperti permen nano nano, senang, sedih, kaget, takut, bersemangat dan malu," ungkapnya pada Intisari Online.

Sebelum berangkat ke negara Bangladesh, bahkan dirinya mengaku tidak tahu cara membuat visa. Namun, dia juga bersemangat karena saya ingin membuktikan bahwa dirinya bisa.

Selama 11 tahun, Yudhi sendiri telah bekerja di 16 negara untuk beberapa perusahaan Telko. Negara-negara yang pernah didiaminya antara lain adalah Bangladesh, India, Cape Verde, Senegal,Ivory coast, Madagaskar, Saudi Arabia, USA, Puerto Rico, Colombia, Mexico , Ukraina, Swedia, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Jerman.

Hingga kini, sejak tahun 2013 dirinya menetap di Kota Dusseldorf, Jerman. Kedatangan awalnya di Jerman adalah sebagai karyawan kontrak perusahaan Telko Jerman. Akan tetapi Proyek tersebut tidak berjalan lancar.

Setelah tiga bulan bekerja, dirinya harus kehilangan pekerjaan dikarenakan faktor bahasa dan kualifikasi yang ketat. Tak menjadikan masalah itu sebagai penghambat, justru di saat-saat sulit, Yudhi memiliki ide cemerlang.

"Sejak saat itu saya berusaha fokus dan belajar bagaimana bertahan hidup, saya mulai dari enol, banyak mendengar, bekerja, dan berusaha belajar teknologi baru," ungkapnya.

"Saya memulai Techbros UG di tahun 2017, waktu itu bernama Rahadian Solution UG, 2019 saya beralih menjadi Techbros UG agar familiar dan gampang di ingat."

Techbros UG sendiri adalah perusahaan yang sesuai dengan bidang yang ditekuninya selama ini. Yakni bidang konsultasi untuk Telekomunikasi, khususnya untuk Internet of Things dan 5G.

Internet of Things (IoT) sendiri adalah machine to machine communication tanpa adanya interaksi manusia yang memungkinkan antara mesin tersebut bisa saling berkomunikasi dan bersinergi satu sama lain.