Find Us On Social Media :

Makin Panas, Akhirnya Kanada Izinkan Ekstradisi Bos Huawei ke AS

By Adam Rizal, Jumat, 8 Maret 2019 | 15:00 WIB

CFO Huawei Wanzhou Meng

Akhirnya pemerintah Kanada mengekstradisi CFO Huawei Meng Wanzhou ke Amerika Serikat (AS) sekaligus memenuhi permintaan pemerintah AS.

Sebelumnya, Departemen Hukum Kanada mengatakan bukti-bukti yang dihadirkan oleh pemerintah AS memenuhi syarat untuk melakukan ekstradisi.

Saat ini Meng masih berstatus tahanan rumah di Kanada sambil menunggu jadwal persidangannya. Setelah diekstradisi nanti, Meng akan menghadapi persidangan lain di AS.

"Klien kami tetap tak bersalah atas tuduhan apa pun," ujar pengacara Meng dalam pernyataannya seperti dikutip The Verge.

Meng yang merupakan putri dari pendiri Huawei Ren Zhengfei ditangkap di Vancouver Desember lalu. Ia ditangkap atas tuduhan penipuan, yaitu ketika Skycom -- Meng menjabat sebagai dewan direksi berbisnis dengan Iran pada 2009 sampai 2014, yang melanggar sanksi embargo AS.

Dalam kasus terpisah, Huawei dituduh mencuri properti intelektual milik T-Mobile yaitu sebuah robot penguji bernama Tappy.

Huawei sendiri beberapa waktu belakangan ini dipantau ketat oleh AS dan sejumlah badan intelijen karena dianggap berbahaya bagi keamanan nasional.

Tak Tinggal Diam

Huawei pun secara resmi menepis tanggapan sepihak AS tersebut dan menegaskan Huawei menghormati regulasi di negara setempat serta tidak ada hubungan dengan pemerintah Tiongkok.

Tidak terima dengan aksi sepihak AS, Pendiri dan CEO Ren Zhengfei menegaskan pertumbuhan bisnis Huawei tidak akan hancur walaupun AS mengajak negara lain untuk memblokir Huawei.

"AS tidak akan menemukan cara untuk menghancurkan kami. Dunia tidak akan meninggalkan kami karena kami lebih maju. Bahkan jika mereka mempengaruhi lebih banyak negara untuk tidak menggunakan perangkat kami. Kami akan selalu bisa memperkecil skala," kata seperti dikutip BBC.

Baru-baru ini, Menlu AS Mike Pompeo memperingatkan negara-negara sekutu AS untuk tidak menggunakan perangkat Huawei.