Find Us On Social Media :

Password Facebook di-hack? Berikut Tips Membuat Password Anti-Tembus

By Wisnu Nugroho, Selasa, 23 April 2019 | 06:05 WIB

ilustrasi password Facebook

Belakangan ini semakin banyak kasus akun Facebook, Twitter, dan media sosial seseorang yang di-hack. Motifnya beragam, mulai dari kejahatan finansial sampai melakukan penipuan. Apapun motifnya, password yang di-hack akan membuat masalah besar dengan konsekuensi yang sulit dibayangkan.

Karena itu, membuat password yang anti tembus menjadi sangat penting. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat password Anda sulit ditembus. Memang, tips ini tidak bisa menjamin seratus persen keamanan password Anda. Namun jika menjalankan tips membuat di bawah ini, password Anda akan jauh lebih aman.

1. Gunakan password yang panjang

Menggunakan password yang panjang adalah rumus paling mendasar. Gunakan sedikitnya 8 karakter untuk password Anda, bahkan jaman sekarang seharusnya sampai 16 karakter.

Mengapa jumlah karakter ini penting? Di dalam dunia password, ada istilah yang disebut brute force. Ini adalah teknik menebak password dengan mengkombinasikan seluruh karakter di dalam abjad. Semakin sedikit karakter password Anda, semakin sedikit kombinasi password yang harus ditebak, yang berarti semakin mudah password Anda di-hack.

Apalagi saat ini, ketika kemampuan komputasi komputer semakin tinggi sehingga bisa menebak kombinasi dengan kecepatan luar biasa. Jika menggunakan komputer standar masa kini, password berisi 8 karakter bisa ditebak dalam waktu dua hari saja.

Namun cukup dengan menambah satu karakter (menjadi total 9 karakter), waktu yang dibutuhkan untuk menebak bisa mencapai 2,5 bulan. Jika menjadi 10 karakter, bisa mencapai 10 tahun. Jadi cukup menambahkan beberapa karakter untuk password Anda, keamanan password Anda meningkat secara signifikan.

2. Gunakan password yang sulit ditebak

Gunakan password yang panjang, namun jangan asal panjang

Akan tetapi, password yang “asal panjang” tentu saja tidak cukup. Password yang baik harus panjang dan sebaiknya bukan sebuah kata yang ada di dalam kamus. Password Anda juga jangan hal yang mudah ditelusuri dari jejak digital Anda, seperti nama orang tua, nama anak, atau tanggal lahir.

Intinya, gunakan password yang Anda mudah ingat namun sulit ditebak orang lain.

Terasa sulit? Tidak juga. Salah satu yang teknik yang bisa Anda gunakan adalah inisial dari lirik lagu yang sangat Anda hafal. Contohnya lagu favorit Anda adalah Selow, yang memiliki lirik seperti ini.