Find Us On Social Media :

Axiata Group akan Dipinang Telenor, Bagaimana Nasib XL di Indonesia?

By Adam Rizal, Rabu, 8 Mei 2019 | 16:30 WIB

XL Axiata

Axiata Group Bhd, perusahaan induk usaha PT XL Axiata Tbk. yang berbasis di Malaysia sedang berdiskusi dengan Norwegian Telenor Group untuk menggabungkan bisnis telekomunikasi mereka di Asia.

Lantas bagaimana dampak merger itu terhadap bisnis XL di Indonesia?

Axiata Group menyatakan merger Axiata dan Telenor tidak akan berpengaruh terhadap bisnis XL Axiata di Indonesia. Merger tersebut bahkan membuka peluang kepada Axiata untuk berinvestasi lebih besar lagi di Indonesia.

"Tidak ada dampak (di Indonesia), bahkan kami akan berinvestasi lebih besar lagi di Indonesia," kata juru bicara Axiata.

Setelah merger, Telenor dan Axiata akan membentuk perusahaan baru dengan porsi kepemilikan Telenor 56,5 persen dan Axiata 43,5 persen. Perusahaan baru tersebut akan menjadi pemilik saham mayoritas di XL Axiata.

"Namun hal ini masih dalam bentuk rencana penggabungan," kata juru bicara Axiata.

Analis Kresna Sekuritas Etta Rusdiana Putra mengatakan laba operasional Telenor pada 2018 lalu sekitar Rp10,7 triliun. Dia menjelaskan laba tersebut sebagian besar dikontribusikan dari Malaysia dan Bangladesh sehingga merger keduanya akan paling berdampak ke Malaysia dan Bangladesh. Adapun di Indonesia, sambungnya, tidak berdampak langsung.

"Itu kan transaksi di holding, selama tidak ada perubahan struktur kepemilikan di EXCL harusnya aman untuk operasional," kata Etta.

Sementara itu, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji mengatakan merger keduanya akan membuat pertumbuhan XL Axiata semakin cepat terlebih pada segmen bisnis.

"Jika sudah merger maka Axiata mampu melayani segmen bisnis secara lebih komprehensif. Axiata akan mampu berkembang dengan cepat dari segi pertumbuhan karena adanya sinergi," kata Nafan.

Pertumbuhan Siginifikan

Pada kurtal pertama 2019, XL Axiata mencatat kinerja yang positif. XL Axiata melaporkan peningkatan pendapatan sebesar 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.