Find Us On Social Media :

Nokia 4.2 Punya Fitur Andalan "Google Assistant", Begini Cara Kerjanya

By Adam Rizal, Jumat, 10 Mei 2019 | 09:30 WIB

Ilustrasi smartphone Nokia 4.2

HMD Global baru saja meluncurkan smartphone menengah terbarunya, Nokia 4.2 di pasaran Indonesia.

Smartphone ini memiliki fitur unggulan berupa tombol untuk memanggil asisten digital besutan Google yaitu Google Assistant.

Tombol yang terletak di sisi samping perangkat tersebut untuk pertama kalinya hadir di ponsel Nokia lewat Nokia 4.2. Lalu, apa kehebatannya sampai-sampai disebut sebagai salah satu nilai jual Nokia 4.2?

Menurut Irvan Ridha selaku Trainer Lead HMD Global Indonesia, tombol Google Assistant di Nokia 4.2 bisa menjalankan beberapa fungsi berbeda, tergantung jumlah dan durasi penekanannya oleh pengguna.

Baca Juga : Samsung Galaxy A70 Resmi Dijual di Indonesia Besok, Harganya?

"Jadi, tombolnya itu (Google Assistant) ada, bisa sampai tiga (mode) penekanan," ujar Irvan di Jakarta.

Tiga mode penekanan tombol ini adalah penekanan tombol dengan sekali tekan, dua kali tekan, dan sekali tekan lalu ditahan agak lama (long press).

Pengguna ponsel Nokia 4.2 bisa menekan tombol tersebut satu kali untuk mendapatkan bantuan terkait informasi-informasi umum, seperti alamat, lokasi, hingga menelpon orang yang ada di kontak.

Setelah ditekan sekali, pengguna cukup mengatakan apa yang ingin dicari dan informasi yang relevan pun akan disuguhkan oleh sang asisten digital.

Kemudian, ketika tombol tersebut ditekan dua kali, maka Google Assistant akan menyodorkan sebuah tampilan atau ringkasan aktivitas pengguna, yang disebut Nokia dengan "Snapshot".

"Snapshot menggambarkan ringkasan jadwal kegiatan kita hari ini, berikut informasi cuaca," imbuh Irvan.

Baca Juga : Bos Redmi Bocorkan 3 Fitur Terbaru Ponsel Flagship-nya, Apa saja?