Find Us On Social Media :

Selain Indonesia, Ini Negara-negara yang Batasi Akses Media Sosial

By Adam Rizal, Jumat, 24 Mei 2019 | 16:00 WIB

Ilustrasi pembatasan media sosial oleh pemerintah

Pemerintah resmi membatasi akses ke beberapa media sosial dan WhatsApp, menyusul beberapa kerusuhan yang terjadi di beberapa titik di Jakarta pada 21-22 Mei.

Pembatasan itu dilakukan untuk mengurangi penyebaran hoax dan ujaran kebencian melalui pesan instan dan media sosial, terutama melalui konten foto dan video.

Ternyata, tidak hanya Indonesia saja yang pernah melakukan pembatasan media sosial. Berikut beberapa negara yang memutuskan untuk melarang atau membatasi media sosial di negara mereka :

Baca Juga: Berhasil Bikin Donald Trump Murka, Ternyata Begini Sejarah Huawei

1. Vietnam

Negara ini pernah memblokir sementara media sosial saat kunjungan Barack Obama saat mash menjabat sebagai presiden Amerika Serikat (AS) pada 2016. Vietnam menutup akses ke Facebook, menurut Reuters untuk membungkan aktivis HAM.

2. Sri Lanka

Sri Lanka mengalami serangan teror yang menewaskan sekitar 200 orang pada April lalu. Pemerintah Sri Lanka akhirnya menutup akses ke Facebook, Instagram, WhatsApp dan YouTube untuk mengurangi penyebaran misinformasi, kekerasan dan ujaran kebencian.

3. Chad

Chad sudah mengalami larangan media sosial sejak 2018 atas permintaan pemerintah. Larangan di Chad berlaku untuk media sosial dan pesan singkat, seperti dikutip dari laman Time.

Baca Juga: Balas Perlakukan AS, Media-media Tiongkok Kampanyekan Anti iPhone

4. Tiongkok