Find Us On Social Media :

Begini Cara Mendeteksi Kamera Tersembunyi Ketika Menginap di Hotel

By Rafki Fachrizal, Senin, 27 Mei 2019 | 18:00 WIB

Ilustrasi kamera tersembunyi di kamar hotel

Pada bulan April lalu, sebuah keluarga di tempat penginapan sewaan di Irlandia mendapati kegiatan mereka disiarkan secara langsung melalui kamera tersembunyi di ruang tamu, ini hanyalah salah satu dari beberapa contoh yang marak terjadi baru-baru ini.

Pengintaian diam-diam tampaknya menjadi risiko signifikan yang dihadapi oleh para pelancong. Ancaman lainnya termasuk menargetkan perangkat digital seperti laptop serta telepon dan informasi yang tersimpan di dalamnya.

Peneliti keamanan Kaspersky Lab telah menggunakan pengalaman mereka sendiri untuk berbagi apa saja risiko keamanan dalam perjalanan dan memberikan cara bagi para pengguna untuk dapat mengatasinya secara praktis dan mudah.

Baca Juga: Outsystems: Industri Pengembangan Aplikasi Siap untuk Disrupsi Masif

Misalnya, untuk memastikan bahwa tidak ada kamera ataupun mikrofon tersembunyi menguping di kamar hotel atau apartemen sewaan Anda, para peneliti menyarankan agar Anda bepergian dengan alat kecil (tersedia online) yang juga dilengkapi dengan pemindai frekuensi radio, sebagai dioda pemancar cahaya dan red glass.

Alat ini memungkinkan Anda untuk menemukan sumber apa pun yang memancarkan gelombang elektromagnetik (sebagian besar bug dan kamera nirkabel melakukan ini) dan mencari kamera tersembunyi.

Lensa kamera memantulkan cahaya secara signifikan lebih baik daripada permukaan lainnya, jadi jika Anda mengarahkan cahaya dari dioda pada objek yang tampak seperti kamera, dan melihat ke arah tersebut melalui red glass, maka Anda akan melihat sebuah titik merah yang terang.

Anda juga dapat menggunakan ponsel untuk melihat kamera yang menggunakan penerangan inframerah, karena kamera di ponsel dapat mendeteksi emisi inframerah.

Dan selalu ingat, bahwa filter infra merah pada beberapa telepon, seperti iPhone, terlalu kuat untuk trik ini.

Baca Juga: Inilah Lima Ancaman Cybersecurity yang Harus Diwaspadai di Tahun 2019

Selain itu, untuk menghindari tertangkap oleh mikrofon kabel yang tersembunyi, Anda hanya perlu membuat beberapa kebisingan suara yang mengganggu.

Air mengalir dari keran atau suara lain yang dapat dengan mudah diproduksi menggunakan layanan seperti Noisli dapat merusak hampir semua rekaman.