Find Us On Social Media :

Mengenal Beberapa Perpustakaan Machine Learning Berbasis Python

By Rafki Fachrizal, Jumat, 31 Mei 2019 | 14:12 WIB

Sumber gambar: technotification.com

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer dan banyak digunakan oleh para pengembang atau pemrogram di seluruh dunia. Dikabarkan, Python telah cukup banyak menggantikan bahasa pemrograman dalam industri teknologi, dan salah satu alasan utamanya adalah karena memiliki banyak ragam koleksi library (perpustakaan).

Berdasarkan laporan dari builtwith.com, 45% perusahaan teknologi saat ini juga lebih senang menggunakan Python untuk mengimplementasikan Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) dan Machine Learning (pembelajaran mesin).

Sejak beberapa tahun terakhir AI dan ML memang menjadi teknologi yang semakin banyak berperan di tengah kehidupan manusia. Nah, karena kedua teknologi ini semakin berkembang, tentu mempelajarinya sangat penting bagi Anda yang bergelut di dunia TI. Oleh karena itu, berikut adalah deretan rekomendasi perpustakaan AI dan ML berbasis Python terbaik untuk Anda.

TensorFlow

Sumber gambar: clusterone.com

Di kalangan pengembang teknologi pembelajaran mesin yang menggunakan Python, TensorFlow merupakan salah satu perpustakaan yang paling populer bagi mereka. Dikembangkan oleh raksasa teknologi Google, Tensorflow telah diimplementasikan di berbagai platform milik Google. Sebagai contoh, Google Photos dan Google Voice Search adalah dua platform yang dikembangkan dengan menggunakan perpustakaan ini.

Saat ini, TensorFlow sudah dirilis sebagai produk open source (sumber terbuka) sehingga dapat digunakan oleh publik. Bahkan, oleh kompetitor Google sekalipun. TensorFlow sudah digunakan oleh beberapa perusahaan teknologi besar untuk mendukung perkembangan platform mereka seperti Dropbox, eBay, Intel, SAP, Twitter, Uber, Qualcomm, JD.com, dan banyak lainnya.

Keras

Sumber gambar: techleer.com

Ditulis dengan bahasa pemrograman Python, Keras adalah perpustakaan berbasis sumber terbuka yang dirancang untuk menyederhanakan model dari kerangka Deep Learning. Keras dapat dijalankan di atas framework (kerangka kerja) kecerdasan buatan seperti TensorFlow, Microsoft Cognitive Toolkit, dan Theano.

Saat ini, Keras dianggap sebagai salah satu perpustakaan pembelajaran mesin terbaik di Python. Keras juga menyediakan beberapa utilitas terbaik dalam hal menyusun model, memproses dataset, memvisualisasikan grafik, dan hal lainnya.

Apalagi, karena dikenal dengan sifatnya yang ramah pengguna, Keras juga sangat cocok bagi pengembang yang membutuhkan perpustakaan pembelajaran mesin yang memungkinkan pembuatan prototipe dengan cepat dan mudah.