Find Us On Social Media :

Layanan Data XL Melonjak 57 Persen Selama Libur Lebaran 2019

By Adam Rizal, Selasa, 11 Juni 2019 | 09:00 WIB

XL Axiata

Perusahaan operator seluler XL Axiata mencatatkan kenaikan layanan data yang cukup signifikan sepanjang libur lebaran 2019.

Terhitung sejak H-1 hingga H+1 lebaran, layanan data tercatat naik 24 persen dibanding hari biasa.

Sedangkan dibanding periode yang sama tahun lalu, kenaikannya mencapai 57 persen. Selain layanan data, layanan SMS juga mengalami kenaikan tipis yakni 3 persen dibanding hari biasa.

Penurunan dialami layanan suara meski tak disebutkan berapa persen penurunannya. XL mengaku wilayah Lampung dan Jawa Barat menyumbang trafik data tertinggi selama periode ini dengan peningkatan 38 persen dan 43 persen secara berturut-turut.

Konsumsi data untuk akses aplikasi pesan instan seperti WhatsApp dan Line meningkat 48 persen saat liburan. Sementara media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram meningkat 17 persen.

Instagram menjadi media sosisla paling populer yang menyumbang kenaikan ini hingga 35 persen.

Di musim mudik, kenaikan akses peta digital juga melesat. XL mencatat peningkatan akses aplikasi Waze naik 93 persen dibanding hari biasa.

Layanan streaming video didaku mengalami peningkatan sebesar 22 persen sementara akses game naik 15 persen.

Untuk layanan hiburan, akses ke Spotify naik 8 persen sementara Netflix mengalami kenaikan cukup tajam 77 persen.

Pergesaran terjadi untuk aplikasi belanja online. Libur lebaran tahun lalu, Lazada menjadi paltform belanja paling banyak diakses, tapi tahun ini posisinya digantikan oleh Shopee yang disusul e-commerce lokal Bukalapak dan Tokopedia.

Peran Tol Trans Jawa dan Trans Sumatra XL Axiata turut mengungkap area-area pusat perbelanjaan mengalami peningkatan akses data hingga 6 persen dibanding hari biasa.

Sementara di lokasi wisata naik 9 persen. Akses data di bandara juga mengalami peningkatan sebesar 5 persen, sedangkat stasiun kereta mengalami kenaikan rata-rata 12 persen.