Find Us On Social Media :

Integrasi Data Bikin Facebook, WhatsApp dan Instagram Kembali Down?

By Adam Rizal, Kamis, 4 Juli 2019 | 10:00 WIB

Integrasi Data Bikin Layanan Facebook, WhatsApp dan Instagram Kembali Down Semalam?

Aplikasi Facebook, Instagram, dan WhatsApp kembali down atau tumbang malam ini, Rabu (3/7/2019). Tahun ini, layanan Facebook, WhatsApp, dan Instagram sudah tumbang tiga kali.

Banyak pengguna WhatsApp yang mengeluh tidak bisa mengunduh file media seperti foto. Ada pula yang mengeluh tidak bisa menerima dan mengirim pesan. Beberapa pengguna Instagram mengaku gagal mengunduh Stories.

Di situs Facebook, pengguna mengaku sulit melakukan log-in dan foto di Facebook Stories tidak bisa dimuat. Menurut situs pendeteksi layanan online, Downdetector, ada 1.630 laporan secara global yang masuk terkait tumbanganya WhatsApp hingga pukul 22.00 WIB.

Sementara Instagram memiliki 12.574 laporan, dan Facebook memiliki 7.180 laporan di jam yang sama.

Dilihat dari sebaran peta Downdetector, error-nya WhatsApp banyak dirasakan di wilayah Eropa dan Amerika Selatan. Sementara Instagram dan Facebook banyak dikeluhkan penggunanya di Eropa dan Amerika.

Para pengguna Instagram mendapatkan pesan seperti No photo description available” atau “Image may contain: food.” Masalah lainnya yang dialami pengguna Instagram adalah tidak bisa masuk ke akun atau aplikasi mengalami crash.

Sedangkan bagi pengguna WhatsApp masalah utama adalah tidak bisa melihat update atau mengunduh kiriman gambar yang diterima oleh pengguna.

Kendati demikian, beberapa pengguna Facebook, WhatsApp, dan instagram di Indonesia juga mengeluhkan hal yang sama. Banyak pengguna mengeluhkannya di Twitter. Bahkan, tagar #whatsappdown dan #instagramdown menjadi trending topic lokal.

Pernyataan Resmi

Akhirnya, pihak Instagram memberikan keteringan resmi terkait masalah tersebut. Instagram meminta maaf dan berjanji akan segera memperbaiki masalah ini secepatnya.

Dalam cuitan di akun Twitter, Facebook mengatakan, gangguan unggahan gambar, video dan file di platform media sosial itu kini sudah bisa teratasi.

"Masalah tersebut telah diselesaikan dan kami seharusnya sudah 100 persen normal untuk semua pengguna. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tulis akun Twitter Facebook.