Find Us On Social Media :

"Harian Kompas" Salah Cetak Teks Lorem Ipsum, Apa Sih Arti Teks Ini?

By Rafki Fachrizal, Rabu, 10 Juli 2019 | 18:22 WIB

Harian Kompas edisi Rabu (10/07/19) yang mengalami kesalahan cetak yaitu memasukkan teks Lorem Ipsum di Headline-nya.

Bagi pembaca setia koran Harian Kompas, edisi yang terbit hari ini yaitu Rabu (10/07/19) berhasil membuat mereka sedikit terkejut.

Bagaimana tidak, di salah satu bagian headline terpampang kesalahan penulisan di mana terdapat kalimat Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, integer non magna vitae tellus.”

Akibat kesalahan ini, media sosial pun ramai diisi dengan warganet yang memperbincangkan hal terkait ini.

Meski demikian, tak berselang lama Harian Kompas akhirnya meminta maaf terkait terjadinya kesalahan cetak ini.

Seperti pernyataan di akun Twitter misalnya. Sebagai permohonan maaf, Harian Kompas memberikan potongan diskon 30% dengan menggunakan Kode Voucher KOMPASLOREMIPSUM saat berbelanja di gerai.kompas.id.

Baca Juga: Empat Area Utama Transformasi Digital Bagi Industri Makanan & Minuman

Lantas, Apa Sih Makna Lorem Ipsum Itu?  

Bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia desain grafis, Lorem Ipsum adalah pemandangan sehari-hari dan mungkin kesalahan yang juga pernah dilakukan.

Teks ini digunakan untuk mencontohkan bagaimana sebuah layout rancangan grafis atau web membingkai tulisan, tanpa mendistraksi dari layout itu sendiri.

Penggunaan teks Lorem Ipsum menjadi kian populer ketika Letraset menggunakannya dalam decal mereka pada 1960-an dan mendunia ketika banyak pembuat software, mulai dari Aldus PageMaker hingga Microsoft Word,memasukannya ke dalam program mereka pada 1990-an.

Dikutip dari Kompas.com (10/07/19), banyak orang menganggap bahwa teks Lorem Ipsum tidak bermakna apa-apa.

Majalah Before & After, misalnya, menyebut bahwa Lorem Ipsum bukan bahasa Latin meski tampaknya demikian (Latin), dan sebetulnya tidak mengatakan apa-apa.