Find Us On Social Media :

3 Daftar Aplikasi Sewa Kendaraan Listrik di Indonesia, Mau yang Mana?

By Adam Rizal, Senin, 15 Juli 2019 | 17:00 WIB

GrabWheels di BSD City

Setelah marak dengan layanan transportasi online berupa sepeda motor dan mobil, kini hadir layanan sewa transportasi lewat aplikasi berupa kendaraan bertenaga listrik, baik itu skuter ataupun sepeda.

Saat ini ada 3 daftar aplikasi kendaraan listrik yang sudah eksis di Indonesia yaitu Migo e-Bike, GrabWheels dan Vrent.

Tantangan, pertumbuhan kendaraan listrik adalah ketersediaan charging station yang masih terbatas. Kemudian, masalah habit atau kebiasaan masyarakat Indonesia yang belum familiar dengan kendaraan berteknologi listrik.

Yuk! kita bahas satu persatu masing-masing keunggulannya.

Migo e-Bike

Ilustrasi layanan penyewaan sepeda listrik Migo e-Bike

Tahun 2017, Migo e-Bike hadir di Surabaya, Jawa Timur. Akhirnya, Migo hadir di Jakarta pada akhir tahun 2018.

Aplikasi Migo e-Bike bisa diunduh di Google Play atau App Store. Untuk masuk dalam aplikasi, pastikan nomor handphone aktif. Sebab, kode verifikasi bakal dikirim melalui SMS dan masuk login pertama.

Lalu ada tahap registrasi dengan mengunggah foto KTP dan selfie dengan KTP. Maklum, syarat menjadi pengguna Migo e-Bike, Anda harus berusia minimal 17 tahun.

Kalau mau sewa, Anda tinggal mencari station Migo e-Bike. Lalu klik pinjam dan akan muncul nomor e-Bike dan langsung scan QR code di bagian belakang sepeda, dan otomatis akan menyala serta bisa digunakan.

Di Jakarta, station Migo e-Bike sudah ada 90 dengan total sebanyak 500 unit sepeda listrik. Sebagian besar station tersebut tersebar di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

Sementara itu di Surabaya, stationnya jauh lebih banyak lagi, yakni ada 100 station dengan 1.000 unit sepeda listrik. Tarif sewanya Rp 3.000 per 30 menit di Jakarta dan Rp 2.500 per 30 menit di Surabaya.