Find Us On Social Media :

Google Maps Tampilkan Update Informasi Pemadaman Listrik di Pulau Jawa

By Rafki Fachrizal, Senin, 5 Agustus 2019 | 17:08 WIB

Informasi Mengenai Pemadaman Listrik di Beberapa Wilayah di Pulau Jawa Muncul di Google Maps

Minggu siang kemarin (04/08/19), sebagian besar wilayah di Pulau Jawa mengalami pemadaman listrik massal dengan durasi waktu yang berbeda-beda.

Untungnya, aliran listrik sudah kembali normal pada Minggu malamnya. Namun demikian, diketahui masih ada beberapa wilayah yang aliran listiknya belum kembali normal dan kembali mengalami pemadaman listrik pada pagi dan siang ini.

Untuk mempermudah penggunanya mendapatkan update informasi terkait pemadaman listrik, Google Maps hari ini (05/08/19) menghadirkan fitur yang memperlihatkan informasi wilayah mana saja yang terkena dampak mati listrik secara garis besar (seperti Jawa Barat, Jakarta dan sebagian Banten).

Informasi soal pemadaman listrik ini sendiri ditampilkan di Google Maps baik versi desktop maupun mobile. 

"Perusahaan Listrik Negara Indonesia PLN hari Minggu memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu beberapa jam untuk mengembalikan aliran listrik ke Jakarta setelah pemadaman besar," tulis keterangan yang tercantum di aplikasi Google Maps, yang dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Mati Listrik Massal Bikin Transaksi dan Pemesanan Gojek Terganggu

Lebih lanjut, di aplikasi Google Maps juga ada sebuah tombol untuk memperoleh informasi terkini terkait pemadaman listrik. Apabila di-klik, tombol berlabel "See latest updates" tersebut menampilkan hasil pencarian Google seputar mati listrik di pulau Jawa.

Selain itu, search engine Google sendiri di alamat Google.com akan ikut menampilkan keterangan dari Maps apabila pengguna memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan pemadaman listrik misalnya "listrik padam", "mati lampu", atau "pemadaman listrik".

Pengguna juga bisa membagikan informasi hasil pencarian tersebut melalui Facebook, Twitter dan e-mail melalui link khusus. Google sendiri melabeli kejadian mati listrik di Pulau Jawa ini sebagai "peringatan SOS" yang artinya keadaan darurat yang disebabkan manusia atau alam.

Peringatan SOS ini dilihat dari beberapa faktor, seperti konektivitas internet di area yang terkena dampak, skala krisis, serta dampak yang ditimbulkan.

Baca Juga: Inilah Tujuh Tips Hemat Baterai Ponsel Pintar Ketika Mati Listrik

Penyebab Matinya Listrik