Find Us On Social Media :

OVO SmartCube, Mesin Penjual Otomatis Canggih Berbasis Data

By Adam Rizal, Rabu, 7 Agustus 2019 | 17:06 WIB

OVO SmartCube, Mesin Penjual Otomatis Canggih Berbasis Data

OVO, platform pembayaran, reward, dan layanan keuangan terkemuka Indonesia, hari ini mengumumkan peluncuran OVO SmartCube.

Mesin penjual otomatis pintar yang inovatif ini adalah kanal digital baru yang sepenuhnya terintegrasi dengan API-API OVO Analytics dan ekosistem API OVO Payment.

OVO SmartCube memanfaatkan analitik data canggih Kinetica untuk mendapatkan preferensi profil 360 derajat pelanggan yang interaktif demi penawaran terbaik berikutnya.

"SmartCube menawarkan kanal komunikasi digital baru dan beragam manfaat bagi pelanggan, pengiklan, dan mitra kami," kata Vira Shanty (Chief Data Officer OVO) dalam siaran persnya.

OVO SmartCube dirancang untuk mengevaluasi preferensi konsumen menggunakan analitik-analitik. Mesin itu juga memberikan pengalaman yang terintegrasi seperti layar sentuh dan interaksi berbasis gesture, sampel-sampel Rp. 1, iklan video.

OVO SmartCube menawarkan pembayaran tanpa uang tunai sehingga menciptakan kanal unik untuk mempromosikan dan mendistribusikan produk mitra OVO, sambil menawarkan para pelanggan pengalaman berbelanja digital satu atap.

Campaign Solution yang berada di pusat OVO Digital Ecosystem, menghadirkan pemasaran berbasis data dengan menganalisis semua data pelanggan saat masuk dan membangun profil berdasarkan preferensi individu yang menginformasikan apa yang ditawarkan para mitra perusahaan.

Campaign Solution berfungsi sebagai batch campaign atau secara real-time yang memanfaatkan Kinetica untuk mengambil informasi dengan sangat cepat.

Vira mengatakan kemampuan untuk memanfaatkan pendekatan data-first melalui teknologi Kinetica merupakan sesuatu yang mutakhir

"Kami bangga menjadi pelopor dalam menggunakan analisis data untuk membantu mempersonalisasikan produk, pemasaran, dan kampanye iklan guna organisasi kami dan Mitra Perusahaan kami," ucapnya.

Platform Kinetica Active Analytics menggabungkan data streaming dan historis dengan intelijen lokasi dan analitik yang didukung pembelajaran mesin.

Campaign Solution real-time OVO terintegrasi dengan SmartCube OVO dan dibangun di atas platform GPU terakselerasi Kinetica.

Solusi ini memanfaatkan mesin Complex Event Processing (CEP), yang mensintesis data dari berbagai sumber sehingga bisnis dapat mengekstraksi pola atau tren yang berarti dari data streaming yang memicu respons otomatis dan real-time.

Paul Applebya (CEO Kinetica) mengatakan CEP membantu OVO untuk merespons peluang pelanggan dalam konteks: selalu hadir pada waktu yang tepat dengan pesan yang tepat.

“Kami bangga telah membangun CEP yang siap ke pelanggan bersama-sama dengan OVO hanya dalam waktu enam bulan dari awal pembuatan, dan menawarkan platform analitik komprehensif yang mendukung SmartCube OVO dan Campaign Solution,” katanya.

"Teknologi ini menawarkan pengalaman belanja interaktif yang dirancang khusus dan unik yang melayani pelanggan saat ini sementara mereka mendorong masyarakat luas menuju masa depan digital bebas uang tunai," ucapnya.