Find Us On Social Media :

Antler Targetkan Cetak Dua Puluh Startup Indonesia Setiap Tahunnya

By Rafki Fachrizal, Rabu, 11 September 2019 | 17:56 WIB

(Ki-ka) Ardy S, CTO, Robin - Faiz G, CEO, Bubays - Jussi S, Co-Founder & Managing Partner, Antler - Ifatul K, CPO, Bubays - Yaumi F. S., CEO, Base - Ratih S., CPO, Base - Siddharth Kumar, CEO, Robin - Wisnu Nugrahadi, CEO, Sampingan.

Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar dan paling cepat berkembang di dunia. Pasalnya, menurut laporan dari Google Temasek, ekonomi digital di Indonesia diprediksi akan berkembang hingga $100 miliar USD pada tahun 2025.

Melihat potensi besar ini, perusahaan generator startup dan pendanaan tahap awal asal Singapura, Antler, mengumumkan rencana kehadirannya di Tanah Air.

Jussi Salovaara selaku Co-Founder dan Managing Partner, Antler, mengatakan bahwa kehadiran ini bertujuan untuk mencetak lebih banyak startup di Indonesia yang sukses melalui platform, pendanaan, dan ekosistem yang dimiliki perusahaannya.

“Kami melihat bahwa pasar domestik di Indonesia sangat besar dan terdapat banyak peluang di dalamnya, namun masih banyak kekurangan pada wadah dan ekosistem bagi individu yang ingin membangun perusahaannya dari awal,” ujar Jussi.

Baca Juga: Sri Mulyani Berikan Ide Startup di Bidang Fintech dan Pendidikan

Lebih lanjut, Jussi menjelaskan bahwa Antler memiliki target untuk mendirikan setidaknya 20 startup di Indonesia setiap tahunnya.

Sebagai langkah untuk mewujudkan hal itu, Antler akan meluncurkan program lokalnya (bimbingan bagi pendiri startup) di Jakarta pada paruh pertama tahun 2020.

Dalam bagian program ini, Antler akan memberi dukungan bagi para pendiri startup untuk membentuk tim yang tepat, memberikan pendanaan sejak fase awal, dan memberi mereka akses ke platform serta jaringan penasihat bisnis global yang dimiliki Antler.

Terkait dengan penasihat bisnis, nantinya pendiri startup akan berkesempatan mendapatkan bimbingan dari beberapa nama seperti Martin Hartono selaku CEO dari GDP Venture, Noni Purnomo selaku Presiden Direktur dari PT Blue Bird Tbk, dan Florian Holm yang merupakan mantan Co-CEO, Lazada Indonesia.

Startup Indonesia Jebolan Antler

Sejak program pertamanya di Singapura pada tahun 2018, Antler telah menghasilkan lebih dari 80 startup.

Dari sekian banyaknya startup tersebut, terdapat beberapa startup yang berasal dari Indonesia. Beberapa nama tersebut seperti Sampingan, Robin, Bubays, dan yang terbarunya yaitu Base.