Find Us On Social Media :

Intel Umumkan Kehadiran Prosesor Core Seri X dan Xeon Seri W Baru

By Cakrawala, Selasa, 8 Oktober 2019 | 20:45 WIB

Intel belum lama ini secara resmi mengumumkan mengenai kehadiran prosesor Core seri X dan Xeon seri W baru di dunia. Prosesor generasi baru itu menggunakan codename Cascade Lake dan menawarkan sejumlah peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya yang menggunakan codename Skylake. Prosesor Intel Core seri X dan Xeon seri W baru ini misalnya menawarkan kinerja AI (artificial intelligence) yang lebih baik berkat hadirnya Intel DL Boost. Selain itu, Intel menawarkan sebagian prosesor generasi barunya tersebut dengan harga yang lebih terjangkau pula dari generasi sebelumnya. Menyasar para profesional dan enthusiast, kombinasi itu membuat prosesor Intel Core seri X dan Xeon seri W menjadi pilihan yang lebih menarik lagi dibandingkan sebelumnya.

"Komunitas profesional dan enthusiast membutuhkan rekayasa produk yang memenuhi kebutuhan mission-critical mereka yang spesifik dan mempertahankan mereka pada perkembangan teknologi yang terdepan. Ini berarti optimisasi hardware dan software terbaik, tetapi juga mencari cara bagaimana kami dapat menambahkan hal-hal seperti akselerasi AI," ujar Frank Soqui (Vice President and General Manager of Desktop, Workstation and Channel Group, Intel). "Tidak masalah jika Anda adalah seorang data scientist, cinema creator, atau pekerja lepas, Intel Xeon W dan seri X menawarkan tenaga dan fleksibilitas pilihan banyak orang, membolehkan Anda untuk tetap bekerja secara kreatif dan kompetitif bahkan pada berbagai beban kerja yang paling intensif," sebut Frank Soqui lagi.

Pengumuman kehadiran prosesor Core seri X dan Xeon seri W baru ini melengkapi pengumuman Intel sebelumnya mengenai kehadiran prosesor Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Ice Lake dan Comet Lake. Sebelumnya, pada Technology Open House di Singapura yang berlangsung September lalu, Intel dan para mitranya pun menunjukkan kesiapan mereka untuk menghadirkan notebook maupun 2 in 1 yang telah menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-10. Seperti yang diberitakan di sini, Intel menargetkan kehadiran lebih dari 120 platform yang telah menggunakan prosesor Intel Core Generasi ke-10 pada akhir tahun 2019. Adapun prosesor Core seri X dan Xeon seri W baru yang ditujukan untuk HEDT (high-end desktop) dan workstation ini, ditargetkan Intel tersedia di pasar mulai November 2019 yang akan datang.

Seperti generasi sebelumnya, Intel Core seri X baru ditujukan untuk HEDT (high-end desktop).

Menggunakan technology node 14 nm, Intel Core seri X dan Xeon seri W baru masih memanfaatkan arsitektur yang mirip dengan generasi sebelumnya. Tidak terdapat pula penambahan jumlah core untuk varian yang setara dari generasi sebelumnya. Namun, seperti telah disebutkan di atas, Intel telah menambahkan Intel DL Boost alias Intel Deep Learning Boost pada Core seri X dan Xeon seri W baru itu. Fitur ini merupakan kombinasi instruksi baru dan format angka baru yang ditujukan untuk mengakselerasi AI. Dengan Intel DL Boost, Intel Core seri X dan Xeon seri W baru diklaim menawarkan peningkatan kinerja AI sampai sekitar dua kali dibandingkan generasi sebelumnya. Intel DL Boost diperkenalkan pada Intel Cascade Lake yang untuk server dan telah hadir pula pada Intel Core Generasi ke-10 dengan codename Ice Lake.

Adapun peningkatan lain yang turut hadir pada Intel Core seri X dan Xeon seri W baru dibandingkan generasi sebelumnya, seperti clock atau frekuensi kerja yang lebih tinggi dan dukungan memori utama dengan kapasitas yang lebih besar maupun kecepatan lebih tinggi. Khusus untuk Intel Core seri X baru terdapat penambahan jumlah lajur PCI-Express 3.0 menjadi 48 dari 44 pada generasi sebelumnya, sedangkan khusus untuk sebagian Intel Xeon seri W baru terdapat penambahan Turbo Boost Max Technology 3.0 melengkapi Turbo Boost Technology 2.0 pada generasi sebelumnya.