Find Us On Social Media :

SkyeGrid: Pelopor Platform Cloud Gaming di Tanah Air

By Rafki Fachrizal, Selasa, 8 Oktober 2019 | 17:30 WIB

Ilustrasi Cloud Gaming

Untuk memainkan gim dengan kualitas grafis yang tinggi atau istilahnya gim berkategori AAA, sejatinya diperlukan perangkat (laptop, PC, atau ponsel pintar) dengan spesifikasi yang tinggi pula.

Sayangnya, memiliki perangkat yang mumpuni untuk bermain gim AAA masih menjadi permasalahan yang cukup menjamur di kalangan gamer di Tanah Air.

Masih tingginya harga perangkat gaming yang ada saat ini adalah salah satu masalahnya. Sebagai solusi, sejak beberapa waktu lalu telah hadir teknologi bernama cloud gaming yang mampu menjawab masalah tersebut.

Penjelasan singkatnya, teknologi cloud gaming memungkinkan siapa saja untuk memainkan gim dengan kualitas grafis tinggi, tanpa harus menggunakan perangkat yang memiliki spesifikasi tinggi. Menarik bukan?

Di Indonesia sendiri, faktanya sudah ada startup yang mengembangkan platform cloud gaming, yakni SkyeGrid.

Aktif beroperasi sejak 2017, startup ini didirikan oleh Rolly Edward (CEO dan Founder) bersama tiga rekannya. Berbasis di Jakarta, SkyeGrid juga merupakan pelopor platform cloud gaming di Indonesia.

“Sebenarnya konsep SkyeGrid sama dengan Netflix. Hanya saja, video yang tayang diperangkat pelanggan bisa digerakkan atau dimainkan. Nah, itu pun bisa terjadi karena aplikasi SkyeGrid menggunakan komunikasi dua arah secara real-time,” ujar Rolly kepada InfoKomputer.

Gim Dialirkan Melalui Server

Berdasarkan penuturan Rolly, saat ini gim yang tersedia di SkyeGrid sudah mencapai 96 gim, baik dari publisher internasional maupun lokal. Beberapa gim tersebut seperti DOTA 2, GTA 5, Apex Legends, dan lainnya.

Sedangkan untuk gim lokal beberapa judul gim yang disediakan seperti DreadOut, Pamali, Ultra Space Battle Brawl, dan lainnya.

Dari sekian banyak gim yang tersedia di SkyeGrid, Rolly mengungkapkan lima gim teratas yang paling banyak diminati oleh pelanggannya saat ini. Lima gim tersebut adalah GTA 5, PUBG (PlayerUnknown's Battleground), Black Desert, The Witcher, dan Fortnite.

Lebih lanjut, semua gim yang disediakan tersebut pada dasarnya dialirkan ke pengguna dari server-server yang dimiliki SkyeGrid.