Find Us On Social Media :

Siapakah Enam Besar Vendor PC Global pada Kuartal III-2019?

By Adam Rizal, Selasa, 15 Oktober 2019 | 13:30 WIB

MWC 2019: Lenovo Resmikan 3 Laptop dengan Desain

Pengapalan PC (desktop dan laptop) global pada kuartal III-2019 naik tipis. Periset pasar Gartner melaporkan pengapalan laptop tumbuh 1,1 persen dari tahun ke tahun. Lenovo menjadi pemimpin pasar PC dengan pangsa 24,7 persen.

Total pengapalan laptop pada kuartal III-2019 mencapai 68 juta unit, naik dari periode yang sama tahun lalu sebesar 67 juta unit. Di belakang Lenovo terdapat HP Inc dengan pangsa 22,4 persen, dan Dell 16,6 persen.

Apple menduduki posisi keempat dengan pangsa pasar 7,5 persen dan nomor lima diisi oleh Acer Group dengan pangsa pasar 6,2 persen.

Menurut Gartner, vendor-vendor PC tersebut meraup untung dari turunnya harga komponen seperti DRAM dan SSD dalam beberapa kuartal terakhir.

Gartner mengatakan, siklus pembaruan Windows 10 juga mempengaruhi pergerakan pasar di seluruh wilayah.

"Meskipun tingkat pengaruhnya berbeda-beda tergantung kondisi pasar lokal dan tingkat siklus pembaruannya," jelas Mikako Kitagawa, Senior Principal Research Analyst Gartner.

Hasil yang kurang lebih sama juga dilaporkan periset pasar IDC, yang menyebut pertumbuhan pengapalan PC naik 3 persen ke angka 70,4 juta unit. Tiga teratas juga masih diduduki vendor yang sama dengan persentase pangsa pasar berbeda.

Siapakah Enam Besar Vendor PC Global pada Kuartal III-2019?

Baca Juga: Ada Peran Teknologi Machine Learning di Balik Kesuksesan Gojek

Posisi pertama ada Lenovo (24,6 persen), HP (23,8 persen), dan Dell (17,1 persen). Namun, berbeda dengan Gartner, riset IDC melibatkan pengapalan tablet dan laptop dengan OS alternatif (selain Windows dan MacOS) seperti Chromebook.

Menurut IDC, permintaan PC di pasaran akan semakin meningkat seiring kabar penyetopan dukungan Windows 7.

"Dengan penyetopan dukungan Windows 7 pada 14 Januari 2020 yang semakin dekat, pasar seharusnya bisa menyediakan stok lebih banyak selama beberapa kuartal berikutnya," jelas Linn Huang, Vice President Devices and Display IDC, dirangkum dari PC World.