Find Us On Social Media :

Tan Wijaya, Siap Membawa IBM Indonesia Bersaing di Era Cloud Computing

By Wisnu Nugroho, Jumat, 8 November 2019 | 16:19 WIB

Tan Wijaya (President Director, IBM Indonesia)

 

Saat ini mungkin tidak ada perusahaan teknologi yang memiliki rentang bisnis seluas IBM. Mereka memiliki unit bisnis hardware, software, infrastructure services, dan consultant services. Namun luasnya rentang bisnis ini tak pelak membuat kompleksitas juga sangat tinggi. Di tiap area tersebut, IBM menghadapi kompetisi yang ketat jika ingin tetap relevan di era ekonomi digital ini.

Tantangan inilah yang kini diemban Tan Wijaya yang kini dipercaya sebagai President Director IBM Indonesia. Ia menggantikan Megawati Khie, yang sebenarnya baru 11 bulan di posisi tersebut. “Dinamika di IBM memang sangat tinggi, karena IBM adalah the most complex organisation” ungkap Tan mengakui. 

Namun seperti sosok yang kami kenal, Tan terlihat tetap tenang menghadapi tantangan tersebut. “Saya berharap bisa menyatukan empat divisi ini menjadi One IBM yang memberikan nilai lebih kepada konsumen” ungkap Tan saat ditanya misinya memimpin IBM Indonesia.

Pengalaman Panjang

Ketenangan Tan sepertinya tak lepas dari pengalamannya selama ini. Meski “baru” tujuh tahun berkarir di IBM Indonesia, Tan sudah merasakan bekerja di tiga divisi IBM, yaitu hardware, infrastructure services, dan consultant services. “Saya juga pernah berada di tim account commercial, channel, dan cross industry” cerita Tan. 

Karena matriks organisasi di IBM yang datar, Tan praktis pernah merasakan langsung setiap aspek bisnis di IBM. Hal inilah yang mungkin menjelaskan mengapa sosok Tan yang terbilang muda (38 tahun) sudah dipercaya memimpin IBM Indonesia.

Komposisi bisnis IBM Indonesia sendiri sebagian besar di area services, baik di sisi infrastruktur dan konsultan. Sisanya terbagi dua antara hardware dan software. “Angkanya mirip seperti komposisi IT spending di Indonesia yang 40-50% berada di area services” ungkap pria yang kuliah di Fisika Nuklir UI dan Teknik Komputer Binus secara bersamaan ini.

Berdasarkan pengalaman IBM menemani banyak perusahaan Indonesia mengadopsi teknologi informasi, Tan melihat setiap sektor industri kini sedang berlomba melakukan transformasi digital. “Contohnya di industri perbankan, kini trend-nya adalah digital banking transformation” cerita Tan. Di industri manufaktur, banyak perusahaan kini mulai bersiap menyambut era Industry 4.0, termasuk mengimplementasikan AI dalam skala yang lebih besar. 

Sementara di industri asuransi, mulai masuk ke RPA (Robotic Process Automation). Namun kecenderungan yang merata di hampir semua industri adalah keinginan untuk melangkah ke cloud. “Jadi perusahaan mencari solusi IT yang fleksibel dan agile, dan di sisi lain juga menurunkan cost” tambah Tan. Karena itulah ketika ditanya fokus IBM Indonesia ke depan, Tan menyebut journey to cloud dan Industry 4.0 sebagai jawabannya.

Perjalanan ke Cloud

Ketika bicara cloud, asumsi banyak orang mungkin langsung mengarah ke penyedia layanan cloud seperti AWS atau Microsoft Azure. Akan tetapi, Tan mengungkapkan fakta menarik. “Hanya 20% perusahaan yang akan pindah ke public cloud, sementara sisanya berada di hybrid cloud” ungkap Tan mengutip survei yang pernah dilakukan IBM. Hybrid cloud dipilih karena banyak perusahaan yang ingin fleksibel dalam memindahkan workload-nya dari on-premise ke cloud (maupun sebaliknya).