Find Us On Social Media :

Terungkap! Tujuh Alasan Harga Smartphone China Murah dan Bagus

By Adam Rizal, Senin, 11 November 2019 | 16:30 WIB

Redmi Note 8 Pro

Saat ini Samsung dan Apple masih mendominasi pangsa pasar smartphone global tetapi pelan tapi pasti vendor ponsel pintar asal china mulai menggoyahkan dominasi dua raksasa smartphone tersebut.

Beberapa smartphone dari China mampu bersaing dengan smartphone kelas dunia. Namun masih dibanderol dengan harga yang lebih murah. Berikut adalah 7 alasan mengapa ponsel China dapat dijual dengan harga murah.

1. Upah buruh

Salah satu alasan paling umum mengapa smartphone China dapat dihargai murah adalah karena biaya tenaga kerja yang rendah di sana. Upah buruh di China adalah yang terendah di dunia.

Dan ini adalah alasan utama mengapa banyak vendor membangun pabrik di sana. Dengan biaya tenaga kerja yang murah, biaya produksi juga telah berkurang, sehingga harga ponsel iPhone dapat dihargai cukup murah.

2. Bahan baku berlimpah

China adalah pembuat ponsel terbanyak di dunia. Selain tenaga kerja murah dan bahan baku juga sangat berlimpah, di China 17 bahan bumi yang langka, 16 di antaranya dibutuhkan untuk memproduksi smartphone.

Faktanya China menghasilkan 95 persen dari bahan langka bumi. Sebagai perbandingan, India menghasilkan 2,5 persen dan Amerika Serikat 13 persen.

Dengan banyaknya bahan baku, akan membuat harga bahan baku jauh lebih murah. Ini akan berdampak pada harga ponsel.

3. Teknologi lama atau kurang modern

Demi menyeimbangkan antara harga dan kinerja, ada beberapa komponen yang masih menggunakan teknologi lama.

Misalnya, alih-alih menggunakan RAM dengan teknologi DDR 4 terbaru, mereka masih mengadopsi RAM DDR3.