Find Us On Social Media :

Mirip FB, WhatsApp Bakal Tampilkan Banyak Iklan di Status Tahun ini

By Adam Rizal, Minggu, 5 Januari 2020 | 15:00 WIB

Ilustrasi iklan WhatsApp

WhatsApp akan melakukan monetisasi bisnis. Aplikasi chatting milik Facebook ini dikabarkan akan menampilkan iklan di platformnya.

Iklan tersebut akan hadir di fitur WhatsApp Status sama seperti yang ada di Facebook dan Instagram. Jadi iklan tersebut akan terselip di antara status teman-teman kamu di WhatsApp, seperti dikutip dari Metro.co.uk.

Adanya rencana Facebook menaruh iklan di WhatsApp pertama kali disampaikan dalam Facebook Marketing Summit di Berlin Jerman pada Mei lalu. Adalah analis media sosial Matt Navarra yang membocorkan hal ini melalui media sosial twitter miliknya.

Dalam cuitannya ia menuliskan WhatsApp Status (Stories) akan kehadiran iklan di 2020. Ketika pertama kali diungkap soal rencana ini netizen menanggapi beragam rencana tersebut.

Sebagian besar ada yang menyatakan akan berpindah ke Telegram, aplikasi chatting pesaing WhatsApp asal Rusia.

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang dianggap sebagai masa depan Facebook Group. Aplikasi ini diakuisisi pada 2014 silam senilai US$ 19 miliar. Namun hingga kini WhatsApp belum dimonetisasi. Untuk mengeruk pendapatan WhatsApp mengandalkan WhatsApp Business.

Rencana monetisasi ini dikabarkan telah membuat hubungan Mark Zuckerberg dan dua pendiri WhatsApp. Perseteruan ini berujung pada mundurnya dua pendiri WhatsApp.

Integrasi Terancam Batal

Mimpi Facebook untuk menggabungkan semua layanan media sosialnya, termasuk Instagram dan WhatsApp, mungkin akan terganjal oleh regulasi. Federal Trade Commission (FTC) alias Komisi Perdagangan Federal AS diduga akan menghentikan Facebook untuk melakukan integrasi layanannya.

Menurut laporan The New York Times dan The Wall Street Journal, alasan FTC ingin menghentikan rencana Facebook itu adalah dikarenakan FTC telah menyelidiki Facebook terkait anti-monopoli. Mereka menganggap rencana Facebook itu menunjukkan langkah anti-persaingan.

FTC memulai penyelidikan setelah Facebook mengumumkan akan menyatukan layanan pesan dari WhatsApp, Instagram dan Facebook. Jika itu terjadi, maka 2,7 miliar penggunanya lintas platform bisa mengirim pesan pribadi yang dienkripsi dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

"Kami sedang membangun fondasi untuk komunikasi sosial yang selaras dengan arah yang semakin diperhatikan orang: saling berkirim pesan secara pribadi," kata Facebook, saat mengumumkan rencana ini.