Find Us On Social Media :

Inilah Prediksi Kaspersky Terkait Ancaman Keamanan Teknologi 5G

By Rafki Fachrizal, Minggu, 5 Januari 2020 | 19:32 WIB

Ilustrasi 5G

Diperkirakan bahwa kapasitas data di seluruh dunia akan mencapai 175 zettabytes pada tahun 2025, meningkat 1,2 zettabytes pada 2010 ketika 4G pertama kali digunakan secara global.

5G dikenal sebagai teknologi jaringan seluler generasi kelima. Diperkirakan 100 kali lebih cepat dari sistem 4G saat ini, dengan latensi atau waktu jeda 25 kali lebih rendah, dan sebanyak satu juta perangkat didukung dalam jangkauan satu kilometer persegi.

Fondasi yang membentuk 5G dapat dirangkum dalam lima teknologi: Gelombang milimeter, jaringan sel kecil, MIMO masif (Multiple Input Multiple Output), beamforming dan byte duplex penuh.

Dengan peningkatan dramatis dalam jumlah dan kecepatan transfer, tentu menjadi potensi bagi perangkat yang terhubung dengan munculnya ekspansi alami dan amplifikasi ancaman.

Berbagai evolusi, pengembangan, dan konektivitas dalam sistem 5G akan membuka pintu bagi berbagai ancaman, yang akan dijelaskan dalam uraian dari Kaspersky berikut ini:

1. Kerentanan layanan dan infrastruktur Telekomunikasi

Seiring inovasi 5G menyebar luas, akan terdapat juga beberapa kekurangan dan ketidaksempurnaan yang akan muncul pada peralatan 5G, kerangka kerja pelanggan (customer framework) dan administrasi para pihak berwenang.

“Kekurangan semacam itu dapat memungkinkan para pelaku kejahatan siber merusak infrastruktur telko, melumpuhkan, memata-matai atau mengalihkan lalu lintasnya,” kata Amin Hasbini, Head of Research Center, Global Research & Analysis (GReAT) Team, Timur Tengah, Turki dan Afrika, Kaspersky.

Menurutnya, negara-negara perlu mengatur kemampuan nasional dalam penanganan teknik konfirmasi objektif yang khusus mengevaluasi baik pengadopsi dan pemasok 5G, untuk mengevaluasi kekurangan yang perlu diperbaiki.

2. Masalah Keamanan dan Privasi Pengguna

Ketika berbicara tentang privasi, persoalan akan menjadi lebih kompleks - munculnya 5G dengan jarak pendek akan berarti lebih banyak menara komunikasi sel yang digunakan untuk pusat-pusat dan bangunan komersial.

Dengan perangkat yang tepat, seseorang mungkin dapat mengumpulkan dan melacak lokasi pengguna secara akurat.