Find Us On Social Media :

Hacktiv8: Mampu Didik Pemula Menjadi Programmer Andal dalam 12 Minggu

By Rafki Fachrizal, Senin, 20 Januari 2020 | 11:00 WIB

Ilustrasi Web Developer (Pengembang Web)

Di kalangan perusahaan teknologi seperti startup, tren saling membajak SDM kerap terjadi pada saat ini.

Merasa resah melihat akan kondisi tersebut, Roland Ishak bersama rekannya Riza Fahmi mendirikan startup bernama Hacktiv8 pada 2016 lalu.

Berbasis di Jakarta, Hacktiv8 merupakan sekolah di bidang IT berbentuk bootcamp yang menawarkan solusi program pembelajaran intensif untuk membuat seorang pemula menjadi pengembang aplikasi web yang siap pakai, hanya dalam 12 minggu.

Dalam program tersebut, peserta bisa mempelajari berbagai pilihan bahasa pemrograman seperti JavaScript, Node.js, Vue.js, Python, dan bahasa pemrograman React buatan Facebook’s React lewat ratusan latihan praktik.

“Fokus terhadap kualitas membuat hanya sebagian kecil dari 8.000 peserta bootcamp yang berhasil mengikuti program Hacktiv8 hingga selesai. Program insentif tersebut mendorong peserta untuk menghabiskan 10-12 jam setiap hari, 5-6 hari setiap minggu, selama 12- 18 minggu untuk berlatih,” ujar Ronald Ishak, CEO Hacktiv8.

Ketika peserta berhasil lulus dari program yang diikutinya, Ronald mengklaim bahwa setiap lulusan Hacktiv8 biasanya mendapatkan lebih dari satu tawaran bekerja dengan rata-rata gaji Rp11 juta, hanya 2-3 minggu setelah menyelesaikan program.

“Adapun, lulusan terbaik hanya butuh beberapa hari untuk mendapatkan pekerjaan. Standar lulusan program Hacktiv8 juga diakui secara internasional melalui CIRR (Counsel on Integrity in Results Reporting), sebuah lembaga internasional yang mengaudit lulusan sekolah pemrograman. Hacktiv8 merupakan coding bootcamp pertama di Asia yang tergabung di dalamnya,” terang Ronald.

Lebih lanjut, saat ini Hacktiv8 sudah memiliki lebih 250 perusahaan mitra (Hiring Partner) yang siap merekrut para alumninya.

Hiring Partner juga berpartisipasi dalam merancang kurikulum untuk memastikan materi yang dipelajari di Hacktiv8 tetap up to date dan relevan.

Beberapa perusahaan mitra Hacktiv8 adalah perusahaan teknologi berstatus unikorn seperti Tokopedia, Gojek, dan Bukalapak.

Mitra lainnya adalah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan seperti Midtrans, Payfazz, Xendit, dan KoinWorks.

Di samping itu, juga ada beberapa perusahaan besar yang memberikan beasiswa seperti CIMB Niaga, Hana Bank, dan Siloam.