Find Us On Social Media :

Lewat "kejoG", Gojek Umumkan Pencapaian dari Tujuh Solusi Utamanya

By Rafki Fachrizal, Kamis, 16 Januari 2020 | 19:14 WIB

Ilustrasi Gojek

Baru-baru ini, Gojek merilis kejoG (Kilas Balik Gojek) yang merupakan rangkuman mengenai perkembangan dari tujuh solusi utama milik Gojek selama di tahun 2019.

Ketujuh solusi tersebut adalah GoGreener, GoGames, GoCar dan GoRide Instan, Donasi Digital Gojek, PayLater, Fitur Ganti Lokasi GoFood, serta Fitur Keamanan dan Keselamatan Layanan Transportasi Gojek .

Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi, mengatakan, “Prinsip untuk membuat keseharian pelanggan lebih mudah melalui teknologi adalah dasar dari semua inovasi dan solusi yang Gojek luncurkan. Kami yakin bahwa user experience, kepuasan, dan loyalitas pelanggan merupakan salah satu kunci bagi pertumbuhan jangka panjang Gojek, karena itulah kami melakukan pendekatan berbasis produk.”

Lebih lanjut, berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya mengenai rangkuman dari tujuh solusi Gojek yang hadir di 2019:

1. GoGreener : Merupakan inisiatif yang mengajak seluruh ekosistem (pelanggan dan mitra) Gojek untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Tercatat, jumlah mitra usaha GoFood yang sudah mengadopsi solusi ini hingga akhir tahun 2019 meningkat 17,4 kali lipat dibandingkan awal 2019.

Selama 2019, lebih dari 97% pelanggan GoFood memilih opsi untuk tidak membeli alat makan sekali pakai ketika membeli makanan dan minuman dari outlet yang berpartisipasi dalam program GoGreener.

2. GoGames: Inovasi one-stop gaming ecosystem ini memberikan berbagai kemudahan untuk gamers, seperti melakukan top-up game dengan menggunakan GoPay, mengurasi konten-konten video seputar games, tips dan trik untuk membantu para gamers, mengatur waktu dan pengeluaran, serta mendapat informasi terkait pro-players dan turnamen-turnamen di tingkat nasional maupun internasional.

Tercatat, transaksi dalam GoGames mneingkat hingga tiga kali lipat sejak pertama kali diluncurkan pada September 2019. Tiga permainan dengan top-up transaksi terbanyak di 2019 adalah Free Fire, Mobile Legends, dan Hago.

Baca Juga: Masuki Tahun 2020, GoFood Luncurkan Empat Fitur Baru untuk Pelanggan

3. GoCar dan GoRide Instan: Fitur ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan on-the-spot yang dilengkapi oleh solusi pengelolaan antrian sehingga mengurangi waktu tunggu pelanggan hingga 52% untuk GoRide dan 47% untuk GoCar.

4. Donasi Digital Gojek: Melalui GoGive, GoPayForGood, dan GoZakat, solusi ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan donasi secara digital.

Per 2019, donasi digital dalam ekosistem Gojek telah berhasil mengumpulkan lebih dari Rp82 miliar yang disalurkan ke lebih dari 400 organisasi non-profit, lembaga keagamaan maupun yayasan di 21 provinsi di Indonesia.

Jumlah ini mencapai hampir seperlima total donasi yang terkumpul di platform Kitabisa.com sepanjang 2018.

Sepanjang tahun 2019, donasi digital dengan menggunakan GoPay pada layanan GoGive serta Kode QR GoPay pada ratusan organisasi non-profit tumbuh hingga 11 kali lipat, sedangkan layanan GoZakat meningkat 17 kali lipat setelah diluncurkan November tahun lalu.

Kesehatan, Pendidikan, dan Pembangunan Sarana Prasarana merupakan tiga tema donasi di 2019 yang paling banyak mendapatkan dana dari para donatur.

5. PayLater: solusi ini membantu pelanggan untuk menggunakan berbagai layanan sesuai dengan kebutuhannya, dengan tagihan yang bisa dibayar pada akhir bulan menggunakan GoPay.

Sepanjang tahun 2019, pengguna Gojek yang menggunakan PayLater tumbuh 14 kali lipat, sedangkan transaksi dengan menggunakan PayLater meningkat hingga 22 kali lipat.

Baca Juga: GoFood Festival dan Cloud Kitchen Permudah Merchant Perluas Bisnisnya

6. Fitur Ganti Lokasi GoFood: Solusi ini memungkinkan pengguna untuk mencari dan mengirimkan berbagai kuliner tidak hanya dari area lain di kota yang sama, tapi juga dari kota dan negara yang berbeda.

Sepanjang 2019, fitur ganti lokasi telah mempererat kebersamaan para pelanggan GoFood dari Sabang sampai Merauke, di mana per Desember 2019, jumlah transaksi fitur ini meningkat lebih dari 48 kali lipat dibandingkan bulan pertama diluncurkan pada Februari 2019.

Tiga menu yang paling banyak dipesan menggunakan fitur ini adalah es kopi susu, paket ayam geprek, dan nasi goreng.

7. Fitur Keamanan dan Keselamatan Layanan Transportasi Gojek: Di tahun 2019, solusi fitur keamanan dan keselamatan Gojek dilakukan peningkatan dengan dihadirkannya fitur Tombol Darurat, Bagikan Perjalanan, dan asuransi bagi penumpang maupun mitra driver.

“Ke depannya, Gojek akan terus berinovasi menghadirkan solusi yang dibutuhkan pelanggan serta memastikan pengalaman terbaik dalam penggunaan aplikasi kami (user experience). Hal ini menjadi kunci keberlanjutan bisnis Gojek sehingga kami dapat terus berkontribusi membangun negeri,” pungkas Kevin.

Baca Juga: Begini Cara Gunakan Google Assistant untuk Pesan Makanan di GoFood