Find Us On Social Media :

Inilah Cara Pembajakan iPhone Jeff Bezos melalui Pesan Whatsapp

By Wisnu Nugroho, Kamis, 23 Januari 2020 | 17:05 WIB

Ini Alasan Arab Saudi Retas dan Curi Informasi Ponsel Bos Amazon Jeff Bezos

Awal Januari 2019 kemarin, publik dihebohkan dengan pengumuman berpisahnya pemimpin Amazon, Jeff Bezos, dengan istrinya, McKenzie. 

Alasan berpisahnya pasangan itu terkuak beberapa hari sesudahnya, ketika majalah National Enquirer memuat artikel yang menggambarkan perselingkuhan Bezos. Dalam artikel tersebut, terkuak pesan intim Bezos kepada selingkuhannya, Lauren Sanchez, yang kala itu sebenarnya juga masih berstatus menikah. 

Yang menjadi pertanyaan besar adalah, bagaimana pesan pribadi Bezos tersebut bisa bocor?

Setelah mengumpulkan berbagai bukti, Guardian pun menguak kisah di balik bocornya pesan pribadi Bezos tersebut. Guardian menyimpulkan, iPhone milik Bezos berhasil disadap sejak 1 Mei 2018. 

Pembajakan dilakukan melalui media Whatsapp dengan cara menyembunyikan virus jahat ke sebuah file video. Bezos termakan jebakan tersebut karena pengirim video adalah Mohammed bin Salman, putra Mahkota Arab Saudi. Bezos mengenal MbS (demikian putra mahkota akrab dipanggil), karena beberapa hari sebelumnya makan malam bersama. 

National Enquirer sendiri berkilah, pihaknya mendapatkan konten perselingkuhan Bezos dari saudara Lauren Sanchez. Namun berbagai bukti mengindikasikan, Enquirer mendapatkan data pribadi tersebut dari MbS. Salah satunya adalah hubungan akrab MbS dengan David Pecker, pemilik National Enquirer.

Usaha penyadapan ini tidak lepas dari posisi Bezos sebagai pemimpin Washington Post. Washington Post adalah tempat bekerja Jamal Khashoggi, jurnalis banyak menyorot sepak terjang pemerintah Arab Saudi. Pada dua Oktober 2018, Khashoggi dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Turki.

Berikut adalah kronologi pembajakan iPhone Jeff Bezos