Find Us On Social Media :

Berapakah Pengguna Harian Facebook?

By Adam Rizal, Sabtu, 1 Februari 2020 | 10:35 WIB

Facebook

Semakin lama ada semakin banyak orang yang memakai Facebook. Dalam laporan kinerjanya untuk kuartal-IV 2019, media sosial terbesar di dunia itu menyebutkan sudah memiliki 1,6 miliar pengguna aktif harian (daily active users, DAU). Artinya, sebanyak 1,6 miliar orang di seluruh dunia setiap hari rutin membuka Facebook.

Proporsi terbesarnya, sebanyak 641 juta, berasal dari wilayah Asia Pasifik yang turut mencakup Indonesia.

Kemudian, jumlah pengguna aktif harian Facebook di urutan kedua terbanyak berasal dari Eropa, sebesar 294 juta, disusul Amerika Serikat dan Kanada sebesar 190 juta.

Sebanyak 532 juta sisanya berasal dari belahan dunia lain. Sementara itu, untuk jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active users, MAU) Facebook secara keseluruhan mencapai 2,5 miliar pengguna pada kuartal-IV 2019.

Jumlah terbanyaknya lagi-lagi berasal dari wilayah Asia Pasifik yang mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanan, sebagaimana dihimpun Social Media Today.

Sedangkan, wilayah Eropa hanya mencatat 394 juta pengguna aktif bulanan dan AS serta Kanada mencapai 248 juta pengguna. Namun, dalam laporannya Facebook tidak merinci pembagian jumlah pengguna yang berasal dari wilayah-wilayah dunia lain di luar Asia Pasifik, Eropa, serta AS dan Kanada.

Facebook menegaskan bahwa jumlah pengguna tersebut adalah jumlah murni para pengguna aplikasi Facebook dan tidak termasuk jumlah pengguna anak usahanya seperti Instagram atau WhatsApp.

Hapus Akun Palus

Facebook terus melancarkan kegiatan “bersih-bersih” di jejaringnya. Dalam laporan transparansi terbaru, perusahaan media sosial itu mengatakan telah menghapus sebanyak 3,2 miliar akun palsu dalam periode 6 bulan antara April hingga September 2019.

Jumlah tersebut naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu, di mana Facebook melaporkan penghapusan sebanyak 1,5 miliar akun palsu.

Akun-akun palsu memang banyak bertebaran di Facebook. Saat ini pun, Facebook memperkirakan bahwa 5 persen dari 2,45 milar pengguna aktif bulanannya tak lain merupakan akun abal-abal.