Find Us On Social Media :

Google Ketahuan Kembangkan Sistem Operasi Terbaru Bernama Pigweed

By Adam Rizal, Minggu, 9 Februari 2020 | 16:00 WIB

Ilustrasi Google

Google saat ini memiliki dua sistem operasi. Yang pertama adalah Android untuk perangkat mobile dan kedua ChromeOS untuk perangkat laptopnya.

Kini, Google kembali tengah merancang sistem operasi baru. Kabar tersebut beredar pasca dokumen paten yang diajukan Google diunggak di dunia maya.

Seperti dikutip Tech Radar, dokumen paten bernama 'Pigweed' tersebut merinci tentang sistem operasi baru.

Dokumen paten tersebut diunggah di Instansi Hak Paten Amerika Serikat. Seorang pengguna Reddit, Igats, melihat dokumen tersebut pertama kali dan mengunggah ke forum.

Pada dokumen paten tersebut, Google menjelaskan bahwa sistem operasi Pigweed akan menyasar perangkat komputer. Usut punya usut, ternyata nama Pigweed pernah muncul pada sistem operasi yang telah dimiliki Google, Fuchsia.

Bahkan, dalam kode internal pada November 2019 kemarin, muncul bahwa Pigweed termasuk nama yang dipertimbangkan sebelum Google memilih Fuchsia. Sayangnya, belum diketahui apakah Fuchsia OS dan Pigweed memiliki hubungan satu sama lain.

Lalu, kira-kira kapan Pigweed akan direalisasikan Google?

Berkaca pada pengalaman, nama Android dipatenkan hanya 5 hari sebelum peluncuran. Bahkan nama Chromebook baru terdaftar satu bulan setelah laptop Chromebooks rilis pada 2011 silam.

Sementara nama Fuchsia OS baru terdaftar sebagai hak paten dua tahun sebelum rilis. Artinya, tidak ada yang tahu kapan sistem operasi Pigweed akan terwujud.

Hentikan Chrome

Pada 2016 lalu, Google mengatakan bahwa pihaknya akan menghentikan dukungan aplikasi Chrome (Chrome Apps) secara perlahan. Kali ini, Google memastikan tanggal akhir dukungan untuk aplikasi-aplikasi tersebut.

Dukungan untuk aplikasi-aplikasi pada Chrome akan dihentikan bulan Juni 2020 mendatang. Penghentian ini pun akan dilakukan secara bertahap mulai bulan Maret 2020.