Find Us On Social Media :

Alasan Teknologi Kamera Galaxy S20 Ultra Mirip dengan Huawei P30 Pro

By Adam Rizal, Selasa, 25 Februari 2020 | 23:00 WIB

Samsung Galaxy S20 Ultra vs Huawei P30 Pro

Saat ini teknologi kamera smartphone harus beradaptasi dengan banyak sekali skenario kegiatan sehingga pengguna lebih yakin bahwa pocket shooter milik mereka selalu siap digunakan.

Hal itu memacu perusahaan smartphone untuk mengembangkan kemampuan kameranya pun beragam, mulai dari memperbanyak jumlah sensor, meningkatkan kekuatan resolusi kamera, hingga membekali 'mata' ponsel dengan segudang teknologi paling mutakhir, seperti kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). Saat ini, harus diakui bahwa kemampuan kamera menjadi salah satu faktor utama yang dipertimbangkan konsumen sebelum memilih ponsel yang mereka inginkan.

Bagi konsumen yang berkantong tebal, nominal belasan atau puluhan juta tidak menjadi masalah asalkan mereka mendapatkan ponsel dengan kemampuan kamera yang ciamik.

Baru-baru ini Samsung sukses menggebrak pasar smartphone dunia dan Indonesia dengan meluncurkan tiga varian flagship yaitu Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20 Plus dan Samsung Galaxy S20 Ultra.

Samsung mengklaim ponsel premium tersebut sebagai ponsel dengan fitur kamera tercanggih yang pernah mereka buat.

Samsung Galaxy S20 Ultra menawarkan teknologi kamera yang baru dan canggih dengan kemampuan zoom hingga 10x optical zoom-nya.

Selain itu, Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra mengusung sensor 108 MP kamera dan teknologi AI yang disebut-sebut sanggup memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dalam menangkap momen berharga, termasuk dengan space zoom yang membuat smartphone ini mampu menangkap gambar dengan hasil yang baik meski pemotretan diambil dari jarak jauh.

Tak hanya itu, saat peluncuran Samsung Galaxy S20 Ultra, Samsung membanggakan fitur kamera Galaxy S20 Ultra dengan kapabilitas Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan hasil gambar terbaik.

Jika dicermati lebih jauh lagi, penggunaan teknologi AI yang digunakan Samsung sudah pernah diterapkan Huawei P30 Pro. Huawei-lah vendor smartphone pertama yang memperkenalkan teknologi 10x optical zoom dan AI pada Huawei P30 Pro.

Mari kita bedah, sistem triple kamera utama pada S20 dan S20+ sangatlah mirip dengan produk P30 dari Huawei yang diluncurkan Maret tahun lalu. Samsung mengklaim Galaxy S20 dan S20+ mempunyai kamera beresolusi tinggi dengan 64MP. Namun, penempatan lensa 64MP itu bukan di kamera utama tetapi lensa telephoto yang menampilkan 3x optical zoom.

Sedangkan, Huawei P30 Pro sendiri juga dilengkapi dengan tiga kamera dengan spesifikasi kamera utama 40MP (27mm, f/1.6), kamera ultrawide angle 20MP (16mm ultrawide sensor, f/2.2) dan kamera telephoto 8MP dengan SuperZoom Lens (5x Optical Periscope prism f/3.4).