Find Us On Social Media :

Tertarik Cloud Gaming? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

By Cakrawala,Rafki Fachrizal, Senin, 9 Maret 2020 | 17:30 WIB

Ilustrasi Cloud Gaming

Cloud gaming adalah gaming alias bermain gim yang setidaknya sebagian sumber daya pentingnya berada di cloud dan bukannya di komputer lokal.

Cloud gaming ini menyerupai video streaming, cloud storage, dan sejenisnya, tetapi untuk bermain gim.

Ada beberapa jenis cloud gaming, tetapi dalam artikel ini InfoKomputer fokus ke yang komputer lokalnya lebih berfungsi seperti thin client

Gim yang ditawarkan oleh penyedia layanan cloud gaming pun beragam, mulai dari yang kasual sampai yang AAA dan butuh sumber daya tinggi.

Begitu pula dengan biaya berlangganan layanannya. Sebagian dari gim yang bisa dimainkan memanfaatkan layanan cloud gaming, juga merupakan gim yang harus dibeli terlebih dahulu dari pihak lain, seperti halnya membeli gim untuk dimainkan secara konvensional. 

Adapun pasar dari cloud gaming secara global terus bertumbuh. Menurut IMARC yang menawarkan laporan riset pasar dan layanan konsultasi, pasar cloud gaming secara global adalah sebesar US$802 juta pada tahun 2018.

Pasar tersebut diperkirakan IMARC akan bertumbuh menjadi US$2,579 miliar pada tahun 2024 yang akan datang. Sebagian pihak memang mengklaim cloud gaming ini mulai menjadi tren.

Apalagi nama besar seperti Google dan Microsoft juga sedang mengembangkan layanan cloud gaming-nya masing-masing, yakni Stadia dan Project xCloud.

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Gaming

Dibandingkan bermain gim secara konvensional yang sumber daya pentingnya tersedia di komputer lokal, cloud gaming menawarkan beberapa kelebihan. Setidaknya terdapat empat kelebihan dari cloud gaming seperti berikut ini.

1. Komputer Lokal Tidak Perlu Berspesifikasi Tinggi

Komputer lokal yang digunakan pengguna tidak perlu memiliki spesifikasi yang tinggi karena lebih sebagai alat penampil dan alat pencatat input saja.

Pengolahan yang utama dilakukan di cloud karena aneka sumber daya penting berada di sana.

Komputer lokal misalnya tidak perlu memiliki CPU, memori utama, dan GPU yang bertenaga.

Sejalan dengan itu, pengguna juga tidak perlu sering-sering memperbarui komputer lokalnya dengan yang baru yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

2. Gim Bisa Dimainkan di Banyak Perangkat Berbeda

Suatu gim bisa dimainkan di berbagai perangkat dengan aneka sistem operasi berbeda selama didukung oleh layanan cloud gaming yang digunakan.

Gim tersebut contohnya bisa dimainkan di notebook, ponsel pintar, bahkan smart TV.

Pengguna pun bisa meneruskan permainannya meski berpindah ke perangkat berbeda karena save game-nya disimpan di data center layanan cloud gaming bersangkutan.

3. Gim Baru Bisa Segera Dimainkan

Gim baru yang ingin dimainkan untuk pertama kalinya bisa segera dimainkan oleh pengguna tanpa perlu menunggu lama.

Bila bermain gim secara konvensional, pengguna terlebih dulu perlu untuk menunggu gim bersangkutan selesai diunduh sepenuhnya ke komputer lokal baru kemudian bisa dimainkan.

4. Gim Senantiasa Versi Terkini

Karena berada di cloud, sewajarnya gim-gim yang tersedia lebih mudah mendapatkan pembaruan sehingga seharusnya senantiasa memiliki versi terkini.