Find Us On Social Media :

DevOpsDays Jakarta 2020 Sukses Pertemukan Praktisi DevOps Indonesia

By Liana Threestayanti, Jumat, 13 Maret 2020 | 19:00 WIB

Ajang DevOpsDays Jakarta 2020 usai digelar kemarin oleh salah satu komunitas DevOps terbesar di Asia Tenggara, DevOps Indonesia, dan sukses pertemukan para praktisi DevOps.

Selain acara konferensi utama yang mendatangkan tokoh-tokoh terkemuka di bidang DevOps, ajang yang sudah ketiga kalinya digelar di Jakarta ini tampil berbeda dengan menyuguhkan rangkaian acara pra-event berupa roadshow dan kompetisi terbuka Secure Code Warrior.

“Saya percaya DevOps akan menjadi fondasi yang kuat dari modern IT untuk mendukung penyampaian value dengan rapid pada bisnis,” tutur Hananto Wibowo selaku Core Organizer DevOps Indonesia.

Security Code Warrior

Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan DevOpsDays Jakarta tahun ini yaitu kompetisi Secure Code Warrior. Turnamen terbuka yang digelar pada tanggal 5 Maret lalu ini mengumpulkan berbagai talenta berpotensi di bidang security untuk berlomba menyelesaikan tantangan dalam mencari vulnerabilities yang ada dalam barisan kode yang disediakan melalui platform kompetisi Secure Code Warrior. Peserta dapat bebas untuk menggunakan salah satu dari 28 pilihan bahasa pemrograman yang tersedia.

Diikuti oleh 35 tim dari kalangan mahasiswa dan praktisi, terdapat 5 tim yang meraih posisi teratas dan berkesempatan untuk memenangkan total hadiah senilai Rp. 30.000.000.

Tiga tim keluar sebagai pemenang: R.O.P dari Universitas Diponegoro dan Amikom Yogyakarta (Juara I), Devoops dari Universitas Indonesia (Juara II), dan Kuhaku dari Universitas Indonesia (Juara III).

Melalui kompetisi ini, DevOpsDays Jakarta 2020 memberikan warna baru pada penyelenggaraan rangkaian pra-event DevOpsDays Conference 2020. Kompetisi ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan security awareness kepada praktisi DevOps dan talenta berpotensi lainnya di bidang security.

Adapun rangkain acara pra-event lainnya yang tak kalah menarik adalah workshop yang difasilitasi oleh F5 Networks, yang bertajuk “Deploying NGINX as an API Gateway”.  Melalui acara ini peserta mendapatkan wawasan seperti gambaran umum proses manajemen NGINX API, implementasinya dalam proses deployment, dan penanganan error pada prosesnya. Semua topik bahasan menarik ini disampaikan dengan lugas oleh Alexander Marcell sebagai System Engineer dari F5 Networks.

Pertemukan Para Praktisi dan Ahli DevOps

Acara puncak dari DevOpsDays Jakarta 2020 jatuh pada tanggal 11 dan 12 Maret 2020 dan dibuka oleh Indra Utoyo selaku Director Digital, IT & Operation PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. bersama Hananto Wibowo selaku Core Organizer Komunitas DevOps Indonesia.

Dalam presentasinya, Indra Utoyo memaparkan perjalanan Bank BRI dalam mengadopsi praktik DevOps sebagai upaya mengejar kecepatan transformasi digital.