Find Us On Social Media :

Sekolah Libur Karena Corona, Ini Lima Platform Belajar Online Gratis

By Rafki Fachrizal, Senin, 16 Maret 2020 | 12:14 WIB

Ilustrasi Bimbel Online

Pemerintah RI telah menetapkan wabah Coronavirus atau Covid-19 sebagai Bencana Nasional.

Akibatnya, beberapa kegiatan atau aktivitas di luar ruangan terpaksa mulai dibatasi. Seperti sekolah misalnya.

Selama dua minggu ke depan (16-28 Maret 2020), semua jenjang sekolah di beberapa wilayah Indonesia – seperti Jakarta dan Jawa Barat – diliburkan dan diganti dengan belajar melalui online (daring).

Merespons kebijakan tersebut, beberapa startup di bidang pendidikan (edutech) pun berinisiatif untuk memberikan akses gratis kepada semua siswa/siswi di Indonesia agar dapat belajar secara daring.

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), mengatakan "Kami menghargai mitra-mitra di sektor swasta yang secara sukarela mendukung sistem pendidikan nasional dan memastikan para siswa dapat terus belajar berdasarkan target yang telah ditetapkan oleh guru dan sekolah sesuai kebutuhan dan implementasi pembelajaran dengan bimbingan orang tua dan guru dari jarak jauh."

Lebih lanjut, beberapa startup edutech yang saat ini memberikan akses gratis di platformnya yaitu:

1. Ruangguru 

Ruangguru membuka kelas gratis bernama 'Sekolah Online Ruangguru' untuk mengatasi tantangan belajar saat dilanda coronavirus seperti saat ini.

“Hadirnya Sekolah Online Ruangguru gratis merupakan bentuk kepedulian kami terhadap keselamatan dan kesehatan jutaan guru, siswa dan keluarga, serta upaya kami untuk memastikan bahwa akses terhadap pendidikan tetap terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia, di mana pun dan kapan pun,” kata Belva Devara selaku CEO dan founder, Ruangguu.

Sekolah Online Ruangguru dapat diakses mulai 16 Maret 2020. Siswa bisa mengikuti kegiatan belajar secara gratis di platform Ruangguru mulai pukul 08.00 - 12.00 WIB.

Platform tersebut menyediakan 15 kanal 'live teaching' untuk berbagai mata pelajaran yang sudah disesuaikan dengan kurikulum nasional.

Sekolah Online ini tersedia untuk kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA IPA dan IPS, kegiatan belajar akan dipandu pengajar dari Ruangguru.