Find Us On Social Media :

Uji Intel Core i7-1065G7: Menakar Kinerja Prosesor Intel Ice Lake

By Cakrawala, Selasa, 17 Maret 2020 | 16:00 WIB

Intel Ice Lake sudah diluncurkan secara resmi di dunia pada tahun 2019 lalu. Prosesor yang menyerupai SoC (system on chip) berhubung menyertakan PCH (platform controller hub) alias southbridge pada paketnya ini pun telah hadir pada berbagai notebook dan 2 in 1 di Indonesia. Sebagai lini prosesor generasi baru, sewajarnya Intel Ice Lake menawarkan peningkatan dibandingkan lini prosesor generasi sebelumnya. Intel mengklaim Ice Lake antara lain menawarkan kelebihan dalam hal kinerja grafis, kinerja artificial intelligence, dan kinerja koneksi nirkabel seperti yang Infokomputer sampaikan di sini. Sementara, untuk IPC (instructions per cycle), Intel mengklaim Ice Lake secara rata-rata, pada beberapa peranti lunak pengujian, menawarkan peningkatan sebesar 18% dibandingkan Skylake.

Nama resmi dari Intel Ice Lake sendiri adalah Intel Core Generasi ke-10. Namun, Intel Core Generasi ke-10 tidak hanya terdiri dari para prosesor dengan codename Intel Ice Lake. Intel Core Generasi ke-10 juga terdiri dari para prosesor dengan codename Intel Comet Lake. Berbeda dengan Intel Ice Lake, Intel Comet Lake masih menyerupai generasi sebelumnya Intel Whiskey Lake yang berbasiskan Intel Skylake, serta masih menggunakan technology node 14 nm. Intel Skylake sendiri merupakan Intel Core Generasi ke-6. Dengan kata lain, Intel Comet Lake belum menggunakan arsitektur baru dengan codename Sunny Cove dan technology node 10 nm seperti yang telah dimanfaatkan Intel Ice Lake.

Namun, sayangnya, berbeda dengan Intel Comet Lake yang kabarnya akan segera merambah desktop, Intel Ice Lake sampai saat ini hanya tersedia untuk perangkat mobile. Alhasil untuk mengetahui besarnya peningkatan IPC Intel Ice Lake terhadap generasi sebelumnya, setidaknya pada beberapa peranti lunak pengujian yang biasa InfoKomputer gunakan, tidak bisa dilakukan dengan cara yang umum dilaksanakan sebelumnya; menggunakan prosesor desktop yang dimaksud dan menyamakan frekuensi kerja alias clock-nya dengan prosesor dekstop generasi sebelumnya.

Oleh karena itu, untuk menguji Intel Ice Lake, InfoKomputer melakukannya menggunakan perangkat mobile yang ditenagai oleh Intel Ice Lake. Begitu pula dengan pembandingnya, InfoKomputer menggunakan perangkat mobile yang ditenagai oleh Intel Whiskey Lake. Namun, berhubung menggunakan perangkat mobile yang tidak sama, terdapat berbagai faktor lain yang juga berbeda antara kedua perangkat mobile bersangkutan, tidak sekadar prosesor. Meskipun begitu, hasil pengujian yang diperoleh setidaknya bisa memberikan gambaran akan kinerja Intel Ice Lake bila dibandingkan dengan Intel Whiskey Lake.

Metode Pengujian

Pada pengujian yang menakar kinerja prosesor Intel Ice Lake terhadap generasi sebelumnya ini, InfoKomputer menggunakan sebuah 2 in 1 yang ditenagai oleh Intel Core i7-1065G7 dan sebuah notebook yang ditenagai oleh Intel Core i7-8565U. Keduanya tidak memungkinkan penguncian frekuensi kerja prosesor seperti yang InfoKomputer inginkan. Intel Core i7-1065G7 sendiri merupakan bagian dari Intel Ice Lake dan Intel Core i7-8565U adalah bagian dari Intel Whiskey Lake.

Perangkat 2 in 1 yang digunakan masih merupakan engineering sample, sedangkan perangkat notebook yang dimanfaatkan sudah merupakan versi retail. Kedua perangkat sama-sama menggunakan memori utama berkapasitas 16 GB yang berjalan secara kanal ganda, kartu grafis terintegrasi, serta media simpan utama berupa SSD PCI-Express 3.0. Hanya saja, memori utama pada sistem Intel Ice Lake adalah LPDDR4-4266 yang berjalan sebagai LPDDR4-3733, sedangkan memori utama pada sistem Intel Whiskey Lake adalah DDR4-2400. Begitu pula dengan media simpan utama; sistem Intel Ice Lake menggunakan SSD PCI-Express 3.0 x4 berkapasitas 256 GB, sedangkan sistem Intel Whiskey Lake menggunakan SSD PCI-Express 3.0 x2 berkapasitas 512 GB. Selain itu, sistem Intel Ice Lake hadir dengan layar sentuh berukuran 14 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel dan baterai berkapasitas sekitar 60 Wh, sedangkan sistem Intel Whiskey Lake hadir dengan layar 15,6 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel dan baterai berkapasitas sekitar 73 Wh.