Find Us On Social Media :

Ingin Yakinkan Pelanggan, Ruangguru Utamakan Stabilitas Komputasi Awan

By Liana Threestayanti, Rabu, 25 Maret 2020 | 09:00 WIB

Ingin yakinkan dan beri pengalaman pertama yang mengesankan, Ruangguru gunakan platform cloud yang bisa memberi kestabilan.

Ingin yakinkan dan beri pengalaman pertama yang mengesankan, Ruangguru gunakan platform cloud yang bisa memberi kestabilan.

Bagi Ruangguru, tidak sulit mengajak siswa yang umumnya sudah akrab dengan teknologi digital untuk memanfaatkan layanan edukasi online.

Tantangan terbesarnya justru meyakinkan guru, tutor, dan tenaga pengajar lainnya untuk beralih dari cara-cara mengajar manual ke metode daring yang lebih efisien dan cepat.

Salah satu contohnya adalah para guru atau tutor dapat mendaftarkan diri di marketplace daring milik Ruangguru. Kemudian para siswa dapat meninjau credential para pengajar tersebut, misalnya latar belakang pendidikan dan sertifikat yang dimiliki,  sebelum memutuskan untuk mengambil kelas privat.

Untuk memperoleh kepercayaan dari para guru dan tutor, terutama mereka yang baru pertama kali menggunakan platform digital, Ruangguru harus dapat menjamin ketersediaan aplikasi dan layanannya hingga 99%. 

“Di Indonesia, kami menghadapi banyak pesaing, yang sudah cukup lama menjadi penyedia pendidikan offline. Mereka memanfaatkan brand yang sudah ternama untuk beralih ke daring, jadi (di bidang ini) cukup ramai (persaingannya). Agility dan penglaman digital adalah kunci kesuksesan kami. Menggunakan GCP (Google Cloud Platform) adalah kunci dari value proposition kami," jelas Stephanie Hardjo, Business Development Manager, Ruangguru.

Sejak 2014, Ruangguru memperluas layanannya dengan menyajikan layanan daring untuk tryout ujian sekolah atau ujian masuk perguruan tinggi. Selain itu, Ruangguru juga menyediakan layanan online chat berupa teks maupun audio antara guru dan siswa. Penyedia layanan pendidikan ini juga mengunggah lebih dari 2000 video untuk mata pelajaran, seperti Matematika, Sains, dan IPS.

Hal tersebut dilakukan karena misi Ruangguru adalah menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas tinggi dan mudah diakses oleh pengguna di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, menurut Stephanie, Ruangguru harus bisa meyakinkan para stakeholder bahwa berpindah ke platform digital adalah opsi yang lebih mudah dan aman dalam konteks akses data dan kemampuan melaksanakan tes daripada cara-cara manual.

Mencari Stabilitas

Caranya adalah dengan menjalankan aplikasi dan layanan Ruangguru di atas platform yang stabil. 

Stabilitas yang diinginkan Ruangguru adalah ketersediaan tinggi aplikasi dan layanan saat dibutuhkan siswa, tutor dan para stakeholder lainnya. Bisnis juga membutuhkan skalabilitas untuk mendukung lonjakan jumlah pengguna hingga 10.000 user secara bersamaan mengakses layanan Ruangguru tanpa mengorbankan kinerja.