Find Us On Social Media :

Lima Cara Membuat Sesi Zoom Anda Aman dari Gangguan Zoombombing

By Wisnu Nugroho, Senin, 6 April 2020 | 13:05 WIB

Ilustrasi Zoom

Seiring terbatasnya aktivitas masyarakat akibat wabah Covid-19, penggunaan aplikasi video conference Zoom pun meningkat. Namun, kepopuleran Zoom menimbulkan konsekuensi negatif tersendiri. Contohnya kemunculan zoombombing, ketika orang iseng mengganggu sebuah sesi Zoom.

Jika Anda ingin terhindar dari gangguan orang iseng selama sesi Zoom, berikut adalah lima langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Selalu gunakan Meeting ID baru

Setiap akun di Zoom mendapatkan satu PM ID (Personal Meeting ID) yang unik dan terdiri dari 10 digit angka. Nomor PM ID ini bisa diibaratkan alamat rumah Anda di Zoom. 

Saat membuat sesi Zoom, Anda memiliki dua opsi Meeting ID: apakah menggunakan PM ID pribadi (analoginya rapat berlangsung di rumah Anda), atau room baru (analoginya sebuah ruang rapat) yang dibuat secara otomatis oleh Zoom. 

Saran kami, selalu gunakan opsi room baru, apalagi jika Anda rapat dengan orang asing. Pasalnya jika Anda rapat menggunakan PM ID pribadi Anda, itu sama saja memberi alamat rumah Anda ke orang lain. Sewaktu-waktu, orang tersebut bisa datang ke room pribadi hanya dengan mengetikkan nomor PM ID Anda. 

Saat membuat sesi Zoom baru, selalu pilih Generate Automatically agar ruang meeting Anda selalu baru; bukan ruang meeting pribadi Anda

2. Peserta hanya yang Terdaftar

 

Ketika melakukan sebuah sesi Zoom, Anda bisa membatasi hanya orang yang sudah terdaftar saja yang bisa masuk ke sesi tersebut. “Terdaftar” di sini bisa berupa telah login ke akun Zoom, atau yang login ke Zoom menggunakan domain tertentu (seperti @infokomputer.com).

Berikut cara mengaktifkan fitur Authentication Profile:

  1. Login ke akun Zoom Anda di Zoom.us
  2. Klik Settings
  3. Cari Authentication Profile (tips mencari cepat: Ctrl+F di browser, ketik “Authentication Profile”)
  4. Aktifkan toggle “Only authenticated users can join meetings”

Aktifkan pilihan Only Authenticated user can join meetings untuk menghindari kehadiran orang yang tak diundang