Find Us On Social Media :

Ukirama: Membantu UKM Memanfaatkan Peluang Bisnis

By Wisnu Nugroho, Selasa, 24 April 2018 | 20:18 WIB

Ukirama

Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini tercermin dari data Kementerian Koperasi dan UKM yang menyebutkan rasio wirausaha Indonesia pada tahun 2017 di angka 3,1 persen, meningkat dibandingkan tahun 2013/2014 yang berada pada angka 1,67 persen.

Namun dari jumlah sebesar itu, belum banyak UKM yang telah memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola usahanya. Fakta ini yang dilihat Kevin Eka Putra saat kembali ke Indonesia setelah kuliah di UNSW, Australia. Ia melihat sendiri bisnis orang tuanya yang masih menggunakan cara yang sangat tradisional.

“Semua bisnis transaksi dicatat manual, mulai stok, harga jual, nama-nama customer, bon penjualan, dan lain-lain,” ujar Kevin.

Dari situ Kevin mulai mencari software yang bisa digunakan untuk membantu bisnis orang tuanya. Sayangnya, Kevin justru menemukan mayoritas software administrasi bisnis dibanderol sangat mahal, kompleks, dan sulit untuk diimplementasikan. Ada yang berharga murah, namun tidak saling terintegrasi.

Hal inilah yang mendorong Kevin untuk membuat Ukirama, software administrasi bisnis. Melalui Ukirama, Kevin berharap bisa membantu pebisnis kecil di Indonesia—seperti orang tuanya—mengelola bisnis dengan lebih cepat dan efisien.

Mendirikan Ukirama

Kevin bersama rekannya Ignatius Monthy Wangsahardja mendirikan Ukirama di pertengahan 2016. Pada dasarnya, Ukirama adalah software ERP (Enterprise Resources Planning) berbasis cloud yang membantu UKM mengelola segala aspek bisnis.

 Manfaat Ukirama Cloud ERP ini di antaranya membuat proses bisnis menjadi efisien, mengurangi biaya operasional, membuat proses akuntansi dan laporan keuangan menjadi otomatis, memberikan laporan performa perusahaan yang terintegrasi secara real-time, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, layanan yang ditawarkan Ukirama mulai dari fitur pembelian, penjualan, manajemen stok, keuangan, akuntansi, manufaktur, manajemen proyek, jasa servis, hingga HRD.

Selain mematok harga yang terjangkau, Kevin mengklaim Ukirama juga memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan layanan sejenis di pasaran. Ukirama dalam hal ini membagi sistem ERP menjadi beberapa spesialisasi, seperti bagian Distributor, Retail, Simple Manufacturing, Contractor, dan Reparasi (seperti bengkel).

Demikian juga dengan bentuk laporan-laporan yang diberikan, sudah disiapkan membantu menganalisis performa perusahaan yang mendalam.

“Cocok sekali untuk perusahaan yang sudah mulai ada pembagian divisi dan mau mengembangkan bisnisnya,” terang Kevin.