Find Us On Social Media :

Begini Lima Cara Koneksi Internet Tetap Stabil Selama Video Conference

By Adam Rizal, Rabu, 15 April 2020 | 15:00 WIB

Inilah cara mengganti background di Zoom Video Conference

Pandemi corona yang menyerang dunia memaksa para pekerja untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Tentunya, kendala itu tidak bakal menghambat produktivitas walaupun harus bekerja dari rumah.

Saat ini banyak pekerja yang memanfaatkan aplikasi video conference untuk rapat selama bekerja dari rumah. Sayangnya, ada salah satu kendala besar dalam video conference yaitu akses internet lambat alias lemot.

Akses internet lambat ketika video conference bakal menghambat pekerjaan yang sedang kita jalani. Misalnya saja, informasi dari atasan tidak begitu jelas terdengar, koordinasi antar karyawan jadi terganggu, dan lain sebagainya.

Nah, berikut lima tips agar koneksi internet tetap stabil selama video conference.

Gunakan Internet Broadband

Menggunakan jaringan internet broadband merupakan tips dari kami agar koneksi internet di rumah tetap stabil, khususnya ketika mengakses aplikasi video conference. Koneksi internet broadband memiliki tingkat kestabilan yang jauh lebih baik ketimbang internet mobile.

Hal itu dikarenakan internet broadband menggunakan jaringan yang terhubung menggunakan kabel dari penyedia layanan internet atau ISP (internet service provider).

Berbeda dengan internet mobile seperti modem atau hotspot tethering, koneksi internet juga akan bergantung pada keadaan lingkungan sekitar. Jaringan internet bisa saja terhalang bangunan, gangguan cuaca, dan lain-lain yang membuat koneksi tidak stabil, dan membuat kecepatannya menjadi lambat.

Gunakan Koneksi LAN

Dibandingkan menggunakan WiFi, sebaiknya hubungkan komputer atau laptop Anda dengan kabel LAN. Pasalnya, koneksi LAN tidak mengalami gangguan seperti menggunakan jaringan WiFi.

Maksudnya, ketika rumah Anda menggunakan jaringan WiFi 2.4 GHz, dan banyak perangkat yang terhubung ke koneksi tersebut, maka akan banyak trafik data yang saling betabrakan.

Belum lagi jika tetangga Anda juga menggunakan jaringan WiFi dengan frekuensi yang sama 2.4 GHz, maka interferensi akan lebih banyak terjadi. Nah, menggunakan koneksi kabel LAN akan jauh lebih efektif untuk menghindari interferensi sinyal tersebut.