Find Us On Social Media :

Perbandingan Aplikasi Zoom Vs Google Meet, Mana yang Anda Pilih?

By Adam Rizal, Sabtu, 18 April 2020 | 15:30 WIB

Google dan Zoom

Berbagai keperluan, dari belajar sampai bekerja masih harus dilakukan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Namun demikian, untuk membatasi pergerakan, komunikasi berbagai arah dengan menggunakan teknologi dirasa menjadi solusi tepat untuk mengatasinya.

Baru-baru ini, Zoom sebagai media untuk pertemuan daring menjadi populer. Akan tetapi, perusahaan yang berbasis di California itu bukan satu-satunya media komunikasi untuk video conference. Google, salah satunya, juga telah lama mengembangkan Google Hangouts Meet untuk medukungnya Mengutip dari Android authority, ada berbagai persamaan sampai kelebihan dari masing-masing platform.

Berikut ini ulasannya:

Penggunaan saat konferensi

Baik Google Hangouts Meet atau Zoom pada dasarnya sama-sama alat konferensi video. Bahkan, kedua alat itu juga memiliki beberapa fitur serupa.

Dari kemampuan untuk bergabung dalam rapat melalui telepon seluler ataupun menghadirinya melalui personal computer, dengan layanan aplikasi web atau sistem Android dan iOS.

Untuk menjaga privasi, kedua alat komunikasi itu juga memiliki kemampuan untuk membisukan mikrofon dan mematikan kamera.

Namun, para penyelenggara atau biasa disebut host-lah yang memiliki tanggung jawab untuk bertanggung jawab atas rapat ataupun membisukan mikrofon peserta.

Persamaan lainnya, kedua pihak juga memiliki pilihan untuk merekam pertemuan. Ada pula beberapa perbedaan atau penawaran fitur yang didapat dari masing-masing aplikasi.

Khusus Zoom, media ini memiki penawaran yang lebih maju, di antaranya adalah mencegah beberapa orang untuk berbicara pada saat yang sama.

Misal dalam pertemuan kelas, ada banyak pertanyaan yang diajukan, maka host bisa memanfaatkan Zoom untuk memberikan kesempatan pada peserta lain.