Find Us On Social Media :

Inilah Lima Aplikasi COVID-19 Terbaik dari Ajang IDCamp 2020

By Rafki Fachrizal, Minggu, 3 Mei 2020 | 17:00 WIB

Ilustrasi Pengguna Aplikasi COVID-19

Pada pertengahan Maret 2020 lalu, Indosat Ooredoo kembali menggelar program IDCamp dengan bertajuk “IDCamp 2020”.

Menariknya, karena gelaran kali ini berlangsung di tengah pandemi COVID-19, Indosat Ooredoo mengajak developer muda Indonesia dalam developer challenge yang bertemakan “Lawan Penyebaran COVID-19 dengan Inovasi”.

Dari berlangsungnya challenge ini, Indosat Ooredoo telah berhasil mendapatkan 5 terbaik dengan aplikasi paling inovatif dari 100 peserta lebih yang mengikutinya.

Berikut adalah kelima aplikasi tersebut:

1. Aplikasi MUNYER

Merupakan aplikasi advance moving hawker karya Adik Widiasmono dari Jakarta Selatan. aplikasi ini memberikan solusi atas kondisi yang mengharuskan semua orang tetap berada di rumah, namun ada kelompok masyarakat yaitu anak kos yang tetap harus keluar rumah untuk mencari makanan dan pedagang keliling yang tetap harus berjualan. 

Aplikasi ini mampu mengurangi intensitas masyarakat untuk keluar rumah, meningkatkan pendapatan pedagang keliling, dan memudahkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Secara tidak langsung, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memberikan edukasi kepada pedagang keliling untuk menjaga diri dan melakukan pencegahan tertular Covid-19 dengan menghindari zona-zona merah penyebaran. 

2. Aplikasi Aman Covid

Membawa tagline “Satu Sehat, Semua Sehat”, aplikasi besutan Faris Ghilmany dari Kabupaten Bandung ini memberikan kemudahan kepada penyandang tuna netra untuk mengakses perkembangan Covid-19. 

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, menampilkan perkembangan data terkini Covid-19 dari sumber yang kredibel serta lengkap dengan nomor telpon darurat, dan mengingatkan pengguna aplikasi untuk melakukan protokol physical distancing.

Saat ini aplikasi masih dalam tahap pengembangan untuk bisa digunakan oleh masyarakat.