Find Us On Social Media :

Inilah Topik yang Ramai Dibicarakan Netizen pada Ramadan Tahun Ini

By Rafki Fachrizal, Rabu, 6 Mei 2020 | 17:00 WIB

Ilustrasi Media Sosial

Dalam beberapa bulan terakhir ini, masyarakat di seluruh dunia digemparkan dengan pandemi virus Corona (COVID-19).

Untuk menekan angka penyebaran wabah tersebut, pemerintah akhirnya mengambil sejumlah langkah tegas, mulai dari social distancing dan himbauan agar masyarakat tetap #DiRumahAja, hingga pelarangan mudik dan perubahan tanggal cuti bersama, serta yang terbaru yakni Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal ini tentunya berdampak bagi masyarakat, terutama sehubungan dengan pelaksanaan bulan Ramadhan dan persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Terkait hal tersebut, perusahaan media intelligence Isentia mengulik perbincangan netizen di medsos (media sosial) terkait implementasi langkah pemerintah dan dampaknya terhadap perilaku masyarakat.

Yang pertama adalah langkah pemerintah untuk menetapkan larangan mudik pada tanggal 24 April, yang di mana topik ini dibicarakan netizen Indonesia sebanyak 14,085 kali di media sosial.

“Video call bersama keluarga dan kerabat menjadi solusi yang diambil masyarakat untuk mengobat rasa rindu karena tidak bisa mudik. Menanggapi perubahan tren ini, kami menemukan beberapa perusahaan telekomunikasi merilis paket kuota murah bagi penggunanya agar tetap dapat menjalin silaturahmi secara online,” jelas Rendy Ezra, Insights Manager Isentia Indonesia.

Selain itu, PSBB dan #DiRumahAja juga ramai dalam dibicarakan netizen, hingga muncul dalam 77,074 postingan medsos dalam seminggu terakhir.

Sebagai dampak pemberlakuan langkah ini, sejumlah tempat-tempat umum ditutup dan beberapa restoran menetapkan untuk tidak makan di tempat dan hanya boleh untuk delivery maupun take away.

Baca Juga: Keren, Teknologi AR Ini Bisa Copy dan Paste Benda Nyata ke Photoshop

Meski di bulan puasa, pemerintah menetapkan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dan menghimbau masyarakat untuk menggantikannya dengan di rumah saja, termasuk kegiatan ngabuburit, tarawih, sholat berjamaah maupun acara buka bersama.

Perubahan ini juga memunculkan tren baru, yaitu berbuka puasa dengan memesan makanan melalui aplikasi untuk diantarkan ke rumah.

Lebih lanjut, beberapa aplikasi pesan antar makanan juga memfasilitasi masyarakat dengan promo diskon yang besar.

Di samping dua hal tersebut, perubahan tanggal cuti bersama juga menjadi perhatian bagi netizen di Tanah Air.