Find Us On Social Media :

SoftBank Prediksi 15 Unicorn Bakal Bangkrut Akibat Pandemi Corona

By Adam Rizal, Kamis, 21 Mei 2020 | 13:00 WIB

Masayoshi Son, pendiri Softbank

Softbank memproyeksi 15 unicorn dalam portofolionya bakal bangkrut karena pandemi corona.

Total kerugian yang harus ditanggung perusahaan investasi asal Jepang itu pun mencapai US$18 miliar atau sekitar Rp265 triliun.

SoftBank Group melaporkan kerugian operasi sebesar US$13 miliar atau sekitar Rp191 triliun. Sedangkan rugi bersih tahun fiskal 2019 sebesar US$8,9 miliar atau sekitar Rp131 triliun.

Kerugian yang ditanggung investor Grab dan Tokopedia itu merupakan yang terbesar sejak listing pada 1994.

Kerugian besar investor Jepang itu terutama disebabkan oleh kinerja anak usahanya, Vision Fund, yang menderita kerugian hampir US$18 miliar atau sekitar Rp265 triliun.

Kerugian Vision Fund merupakan dampak dari buruknya kinerja unicorn seperti Uber dan WeWork.

Salah satu perusahaan portofolio 'bintang'-nya, WeWork, rugi sebesar US$10 miliar atau sekitar Rp147 triliun.

CEO SoftBank Masayoshi Son mengatakan pandemi corona merupakan krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal itu menyebabkan beberapa unicorn yang disokong perusahaannya jatuh 'ke lembah corona'.

"Saya yakin beberapa dari mereka (15 unicorn) akan terbang di atas lembah (corona)," ujar Son dikutip dari KRAsia.

Ia pun melanjutkan, 15 unicorn yang dinilainya berisiko itu tidak akan diberikan dukungan keuangan untuk menyelamatkan perusahaan mereka.

Sebagai informasi, Vision Fund milik SoftBank menggelontorkan investasi sebesar US$75 miliar ke 88 startup yang bernilai US$69,6 miliar pada 31 Maret 2020. Dari 88 perusahaan tersebut, 47 perusahaan telah ditandai pada tahun fiskal ini.

Bahkan sebelum krisis turun, dana US$100 miliar telah berada di bawah tekanan karena perusahaan membukukan kerugian selama dua kuartal terakhir.