Find Us On Social Media :

Tips-tips Menjaga Diri dari Kebocoran Data  

By Nana Triana, Jumat, 22 Mei 2020 | 13:42 WIB

Seiring dengan kehidupan kita yang bergeser karena kemajuan teknologi, walaupun mempunyai banyak manfaat namun diikuti juga dengan kejahatan-kejahatan baru. Contohnya seperti pencurian data secara online yang sudah sering terjadi.

Pencurian data ini bisa melalui banyak hal, salah satunya kebocoran data yang terdapat di platform-platform digital seperti fintech, dan online shopping mempunyai risiko untuk bocor.

Setelah bocor, data tersebut akan dijadikan alat untuk phishing demi mencari korban-korban untuk ditipu.

Grid Network dan Lazada telah mengadakan sesi sharing online membicarakan tentang “Mengapa Kebocoran Data Terus Terjadi?” yang membongkar dampak-dampak dari kebocoran data dan mengetahui berbagai penyebab kebocoran data.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Kebocoran Data Terus Terjadi

Diskusi ini menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidangnya seperti Faisal Yahya yang merupakan pakar digital security, lalu Gildas Deograt, CEO dari Xecureit, R. Indrajana Sofiandi, Head of Risk and Compliance Lazada Indonesia. Selain itu, acara ini dimoderatori oleh Managing Editor Infokomputer, Wisnu Nugroho.   

Berikut ini tips-tips yang didapatkan dari diskusi yang diselenggarakan atas kerjasama Gridnetwork bersama Lazada untuk menjaga diri dari kebocoran data.

1. Menggunakan modem portabel untuk OTP

Modem portabel merupakan salah satu cara untuk menangkal phishing jika terjadi kebocoran data. Hal ini bisa terjadi karena modem portabel tidak bisa ditelepon, sehingga ketika data kita bocor akan mengurangi risiko terkena phishing. 

Baca Juga: Alasan Pemerintah Wajibkan Pedagang Toko Online di RI Terdaftar

2. Mengganti password secara berkala

Mengganti password secara berkala merupakan cara yang klasik dalam mengamankan data kita. Disarankan mengganti password seminggu dua kali agar ketika terjadi kebocoran data di satu tempat, si pembobol tidak bisa mengakses akun kita yang lain.