Find Us On Social Media :

Nih! Enam Tips untuk Anda yang Ingin Beli Smartphone Bekas Berkualitas

By Adam Rizal, Selasa, 26 Mei 2020 | 15:00 WIB

CEO Xiaomi Ganti Smartphone Sebanyak 15 Kali Selama 2019, Ini Daftarnya

Bagi sebagian masyarakat, membeli smartphone terbaru mungkin bukan menjadi pilihan utama karena banyak kebutuhan dan harganya yang mahal. Masih ada alternatif lain yaitu membeli smartphone second atau bekas.

Sesuai dengan namanya, smartphone bekas sebelumnya sudah pasti pernah dipakai oleh orang lain yang dijajakan kembali dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, mungkin ada komponen-komponen yang tidak berjalan dengan baik atau ada juga yang masih terbilang mulus.

Selain membeli langsung di toko smartphone atau platform e-commerce, ada juga situs khusus yang menawarkan jual beli ponsel bekas.

Di Indonesia sendiri juga ada situs untuk menjajakan smartphone bekas seperti Laku6.com, Jualo, dan Carousell.

Nah sebelum Anda membeli ponsel bekas, ada sejumlah hal yang mesti Anda perhatikan. Berikut tips membeli ponsel bekas:

Baca Juga: Realme Resmi Luncurkan Realme Watch, Ini Harga dan Spesifikasinya

1. Jangan Beli Smartphone Bekas yang Terlalu Tua

Menurut pengamat gadget dari Gadtorade, Lucky Sebastian, Anda diharuskan untuk tidak membeli smartphone bekas yang tidak terlalu lawas atau tua. Sebab, biasanya kemampuan daya baterai sudah tidak baik.

"Beli hape second yang tidak terlalu tua karena biasanya baterai sudah tidak optimal dan pembaruan sistem operasi juga mungkin sudah sampai batasnya. Update ini dibutuhkan untuk keamanan dan kenyamanan," kata Lucky.

Selain itu, jika memungkinkan pilih perangkat smartphone yang masih ada sisa garansinya. Lucky menyarankan untuk meminta garansi personal dari penjual, misalnya satu minggu.

2. Soal Garansi

Jika perangkat masih terlihat bagus dan tidak memiliki masalah yang berarti, biasanya penjual tidak keberatan untuk memberikan garansi.