Find Us On Social Media :

Contoh Penerapan Artificial Intelligence (AI) di Layanan DANA

By Wisnu Nugroho, Rabu, 27 Mei 2020 | 11:55 WIB

Inilah contoh penerapan Artificial Intelligence di DANA

Teknologi artificial intelligence (AI) kini menjadi modal untuk memenangkan persaingan bagi banyak perusahaan. Tak heran jika penerapan teknologi AI kini semakin banyak digunakan, termasuk oleh penyedia layanan e-wallet DANA

Menurut Norman Sasono (CTO DANA), pemanfaatan AI di DANA tak lepas dari value proposition yang dikedepankan DANA, yaitu Trusted, Friendly, dan Accessible. “Apapun capabilities yang kami bangun, harus mendukung value proposition tersebut,” ungkap Norman.

Salah satu contohnya adalah pemanfaatan chatbot untuk customer services di DANA, yang selaras dengan nilai Friendly. “Karena ketika mudah mengobrol dengan customer service kami, konsumen merasakan kenyamanan,” tambah Norman. Namun mengingat DANA kini sudah memiliki 36 juta pengguna, pendekatan customer service tradisional sudah tidak memadai lagi.

Karena itulah DANA kini mulai mencoba pendekatan customer service berbasis chatbot. “Tinggal bagaimana merancang chatbot yang tidak kaku dan humanis,” tambah pria lulusan Teknik Fisika ITS ini.

Pemanfaatan AI untuk Risk Engine

Selain chatbot, DANA juga menggunakan pendekatan AI di dua area lainnya, yaitu otomatisasi proses bisnis dan generating insight dari data yang ada. Di area otomatisasi, penerapannya lebih ke proses bisnis internal. “Jadi kami mengubah proses bisnis yang tadinya manual menjadi automatic dengan menggunakan AI,” tambah Norman.

Norman mencontohkan beberapa proses rutin yang berulang, seperti data entry, yang kini sudah menggunakan teknologi Robotic Process Automation (RPA). Pendekatan AI juga digunakan pada proses validasi pengguna premium DANA. 

Sekadar mengingatkan, untuk menjadi anggota premium, pengguna DANA harus mengunggah foto selfie dan KTP. “Untuk proses mencocokkan foto selfie dan KTP itu, kami menggunakan facial recognition berbasis AI,” tambah Norman.

Namun menurut Norman, area paling menarik dan menantang dalam menerapkan AI di DANA adalah saat mendapatkan insight. “Di area ini kami melakukan classification, mencari pattern, dan forecasting ke depan,” tambah Norman. 

Contoh implementasinya adalah risk engine dan fraud engine yang bertugas menganalisa setiap transaksi yang dilakukan pengguna DANA. “Jadi selain melakukan eksekusi dari transaksi tersebut, kami juga melakukan risk analysis [dari transaksi tersebut],” ungkap pria yang aktif menekuni seni bela diri Jiu-Jitsu ini.