Find Us On Social Media :

Begini Cara Toshiba Data Memanfaatkan Data yang Belum Digunakan

By Adam Rizal, Kamis, 28 Mei 2020 | 04:30 WIB

Data

Saat ini masyarakat menyaksikan ledakan data di saat perangkat komputasi melekat di benda sehari-hari kita. Data dari keputusan pembelian kita, kondisi kesehatan dan kinerja peralatan di pabrik adalah contoh yang berkontribusi terhadap ledakan ini, namun data ini belum sepenuhnya digunakan.

Ketika data diproses, diorganisasi, dan disajikan dalam konteks tertentu, itu menjadi informasi yang bermakna yang dapat meningkatkan kehidupan kita sehari-hari. Apa lagi yang bisa dicapai jika kita menggunakan data "yang belum digunakan" seperti itu?

Toshiba Data Corporation mengeksplorasi kemungkinan memanfaatkan data sehari-hari dan mewujudkan manfaat nyata bagi masyarakat.

Taro Shimada, CEO & Direktur Perwakilan Toshiba Data Corporation mengatakan banyak perusahaan menciptakan suatu nilai yang sangat besar dengan menggunakan informasi yang mereka kumpulkan dari komputer dan smartphone dalam sepuluh tahun terahir.

"Saya menganggap model bisnis mereka sebagai 'cyber-to-cyber,' tetapi baru-baru ini, dengan masalah yang berkembang termasuk batasan volume data dan proses akuisisi data, perusahaan-perusahaan ini telah mulai memperoleh data dari lingkungan aktual (dunia fisik),” kata Shimada dalam siaran persnya, Kamis (28/5).

"Kita hidup dalam masyarakat data besar (big data society)," pungkasnya.

Menurut perkiraan IDC (International Data Corporation), jumlah total data di dunia akan tumbuh lebih dari lima kali lipat dari 2018 hingga 2025 — ledakan data yang sungguh besar hanya dalam tujuh tahun.

"Di Toshiba, kami percaya bahwa jumlah data yang dibuat dari dunia fisik - hal seperti peralatan pabrik dan sistem transportasi - akan jauh melebihi data yang dibuat dalam bisnis cyber" ujarnya.

Taro Shimada, CEO & Direktur Perwakilan Toshiba Data Corporation

Dengan penawaran dan keterlibatan perusahaan dalam sistem point-of-sales (POS), mesin industri dan infrastruktur sosial, Toshiba dapat menyalin data dari dunia fisik, memasukkannya ke dunia maya, dan kemudian menggabungkan data baru dengan data cyber yang sudah ada untuk menciptakan sesuatu yang bernilai.

“Salah satu tantangan di era Data 1.0 adalah masalah privasi, di mana data dapat dikompromikan dan digunakan dengan cara yang tidak terduga. Ini jauh dari cara yang benar untuk melakukan sesuatu,” kata Shimada.

Toshiba Data Corporation mendorong reformasi perusahaan dan memberikan solusi untuk masalah sosial. Hal ini juga merupakan langkah pasti dalam langkah perusahaan untuk merangkul sistem fisik-cyber - konsep utama dari rencana tersebut.