Find Us On Social Media :

Lima Tips untuk Meningkatkan Branding Bisnis Melalui Media Sosial

By Rafki Fachrizal, Jumat, 5 Juni 2020 | 18:15 WIB

Ilustrasi Media Sosial

Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi tertinggi di dunia. Tak heran, bila Indonesia memiliki lebih dari 175,4 juta pengguna Internet, di mana 160 juta di antaranya merupakan pengguna aktif dari platform media sosial populer seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan Twitter.

Melihat kondisi ini, tentunya sangat penting bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan penggunaan media sosial untuk meningkatkan bisnis, khususnya untuk kegiatan pemasaran.

Sarah Humaira selaku VP and Head of Marketing Zilingo, menjelaskan, “Media sosial telah mengukuhkan posisinya sebagai alat pemasaran yang kuat, tidak hanya untuk mendapatkan followers namun juga untuk menunjukkan karakter dan nilai perusahaan secara daring.”

Terkait dengan media sosial ini, Zilingo pun membeberkan lima tips yang dapat dilakukan para pelaku bisnis untuk meningkatkan branding bisnis melalui media sosial.

Baca Juga: Cloud Adjacent Architecture Dekatkan Data dengan Layanan Cloud

Berikut kelima tips tersebut:

1. Bangun rencana pemasaran berbasis konten berdasarkan pelanggan 

Bagian terpenting dari proses branding melalui media sosial adalah mengetahui dan memahami target pasar Anda lebih dari sebelumnya.

Mulailah dengan mendefinisikan pelanggan ideal Anda berdasarkan usia pelanggan, lokasi, jenis kelamin, minat, kebutuhan, perilaku pembelian saat ini, serta tantangan atau hambatan yang ada.

Pantau juga diskusi yang terjadi di media sosial untuk mengetahui topik yang menarik minat konsumen, platform pilihan, dan bentuk konten yang mereka sukai.

2. Ketahui apa yang harus dibagikan di masing-masing platform

Sangat penting untuk memahami inti dari pesan yang ingin Anda sampaikan, dan melakukan pendekatan yang sensitif dan bertanggung jawab.