Find Us On Social Media :

Lima Tips untuk Meningkatkan Branding Bisnis Melalui Media Sosial

By Rafki Fachrizal, Jumat, 5 Juni 2020 | 18:15 WIB

Ilustrasi Media Sosial

Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi tertinggi di dunia. Tak heran, bila Indonesia memiliki lebih dari 175,4 juta pengguna Internet, di mana 160 juta di antaranya merupakan pengguna aktif dari platform media sosial populer seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan Twitter.

Melihat kondisi ini, tentunya sangat penting bagi para pelaku bisnis untuk memanfaatkan penggunaan media sosial untuk meningkatkan bisnis, khususnya untuk kegiatan pemasaran.

Sarah Humaira selaku VP and Head of Marketing Zilingo, menjelaskan, “Media sosial telah mengukuhkan posisinya sebagai alat pemasaran yang kuat, tidak hanya untuk mendapatkan followers namun juga untuk menunjukkan karakter dan nilai perusahaan secara daring.”

Terkait dengan media sosial ini, Zilingo pun membeberkan lima tips yang dapat dilakukan para pelaku bisnis untuk meningkatkan branding bisnis melalui media sosial.

Baca Juga: Cloud Adjacent Architecture Dekatkan Data dengan Layanan Cloud

Berikut kelima tips tersebut:

1. Bangun rencana pemasaran berbasis konten berdasarkan pelanggan 

Bagian terpenting dari proses branding melalui media sosial adalah mengetahui dan memahami target pasar Anda lebih dari sebelumnya.

Mulailah dengan mendefinisikan pelanggan ideal Anda berdasarkan usia pelanggan, lokasi, jenis kelamin, minat, kebutuhan, perilaku pembelian saat ini, serta tantangan atau hambatan yang ada.

Pantau juga diskusi yang terjadi di media sosial untuk mengetahui topik yang menarik minat konsumen, platform pilihan, dan bentuk konten yang mereka sukai.

2. Ketahui apa yang harus dibagikan di masing-masing platform

Sangat penting untuk memahami inti dari pesan yang ingin Anda sampaikan, dan melakukan pendekatan yang sensitif dan bertanggung jawab.

Aktif di semua platform media sosial terdengar menarik, namun setiap kanal menyajikan fitur dan karakter pengguna yang unik.

Perhatikan profil pelanggan dan gaya komunikasi masing-masing platform media sosial sebelum menentukan pilihan Anda.

Sebagai contoh, Facebook sangat cocok untuk berbagi konten yang terkait dengan berita atau video hiburan sedangkan Instagram berfungsi sangat baik untuk materi visual berkualitas baik (termasuk video) layaknya foto produk Anda.

Untuk bisnis konten seputar B2B (business-to-business), gunakan platform professional seperti LinkedIn.

3. Jaga konsistensi

Setiap kanal media sosial memiliki ciri khas tersendiri, khususnya waktu puncak (peak time) yang berbeda-beda, yang dapat Anda jadikan sebagai acuan sebelum mengunggah konten. 

Sesuaikan jadwal konten Anda untuk setiap kanal media sosial dengan peak time yang ada sehingga kegiatan unggah tidak terasa berlebihan.

Anda juga dapat menggunakan alat manajemen media sosial seperti Echofon, Hootsuite, Keyhole, dan Tweetdeck untuk menyederhanakan pekerjaan Anda dalam menyiapkan konten dan mengelola media sosial secara keseluruhan.

4. Perhatikan konten yang mendapat respons terbesar

Anda mungkin belum menyadarinya, tetapi pos yang mendapatkan tanggapan baik dapat menunjukkan jenis konten yang pelanggan Anda sukai.

Perhatikan kualitas pesan yang ingin disampaikan berikut faktor lain seperti warna, jenis gambar, keterangan, jenis barang atau layanan yang ditawarkan.

Konsistensi yang jelas dalam kegiatan branding dan pengembangan konten juga tidak hanya membantu bisnis untuk menonjol di antara para pesaing, namun juga lebih mudah diakses oleh target pelanggan Anda.

5. Bentuk grup atau komunitas

Metode ini digunakan untuk menggaet calon konsumen yang benar-benar tertarik dengan merek atau produk Anda.

Dalam grup atau komunitas ini, Anda tidak lagi menampilkan produk Anda namun berbagi informasi atau cerita yang berkaitan dengan produk atau brand Anda untuk mendapatkan tanggapan pelanggan.

Hal ini dapat memberikan anggota komunitas rasa nyaman, membangkitkan loyalitas mereka terhadap brand Anda sekaligus memposisikan bisnis Anda lebih baik di mata pelanggan Anda.

Baca Juga: Jelang New Normal, Startup Harus Perhatikan ini untuk Memulai Bisnis

Sekadar informasi, Zilingo baru saja meluncurkan solusi terbarunya yaitu Zilingo Marketing Services, yang merupakan solusi pemasaran terintegrasi yang mencakup aktivitas pemasaran dan branding di dunia digital, termasuk melalui media sosial.

“Zilingo Marketing Services siap membantu para brands dan bisnis mengoptimalkan strategi pemasaran mereka, termasuk strategi branding di media sosial yang solid untuk membantu para pelaku bisnis mencapai tujuan bisnis mereka dan mendapatkan lebih banyak pelanggan,” papar Sarah.